_
Home / Sumut / Perguruan Tinggi dan BUMD di Sumut Diharapkan Optimalisasi Zakat
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Perguruan Tinggi dan BUMD di Sumut Diharapkan Optimalisasi Zakat

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, mengharapkan semua pihak mendukung dan berpartisipasi mengoptimalisasi pengumpulan zakat, khususnya Perguruan Tinggi (PT) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Hal itu disampaikan Gubernur pada acara Sosialisasi Optimalisasi Pengumpulan Zakat Melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di Perguruan Tinggi dan BUMD Provinsi Sumut di Aula Raja Inal Siregar, Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Selasa (30/4).

Menurut Gubsu, Perguruan Tinggi dan BUMD dapat menggerakkan dan membangkitkan zakat di lingkungannya masing-masing. Alhasil, kegunaannya lebih dapat dirasakan masyarakat dan mewujudkan Sumatera Utara yang bermartabat.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumut, Armansyah Nasution, mengatakan untuk melaksanakan amanah peraturan perundang-undangan, diharapkan Perguruan Tinggi menentukan pengurus atas dasar kesepakatan pembentukan UPZ.

“Diharapkan setelah selesai Ramadhan sudah terbentuk dan aktif, maka diharapkan setiap Perguruan Tinggi bisa menghimpun dana yang bisa digunakan bagi mahasiwa yang membutuhkannya,” ungkap Armansyah.

Armansyah menyampaikan sosialisasi optimalisasi zakat melalui UPZ Perguruan Tinggi dan BUMD ini diadakan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Baznas Nomor 2 tahun 2016 dan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011.

Kepala LLDikti Wilayah I Sumut, Prof Dian Armanto, menyambut baik upaya optimalisasi pengumpulan zakat melalui UPZ. Bahkan, seluruh Perguruan Tinggi Swasta disebut siap untuk mengikutsertakan dosen dan pegawainya dalam pengumpulan zakat tersebut.

“Dari jumlah keseluruhan PT di Sumut sekitar 269 PTS ditargetkan 60 persen akan memiliki badan zakat yang bisa membantu. Sumut memiliki 10 ribu dosen, 70 persen beragama Islam, akan dikumpulkan zakatnya di masing-masing PT,” sebutnya. (wol/aa/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Uang Hilang, Wagubsu Kecewa dan Minta Pemeriksaan Internal

MEDAN, Waspada.co.id – Peristiwa hilangnya uang tunai sebesar Rp1.672.985.500 di pelataran parkir Kantor Gubernur Sumut, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.