Breaking News
Home / Sumut / Penyelenggaraan Pemerintahan Harus Terus Dievaluasi Agar Berjalan Baik
WOL Photo
WOL Photo

Penyelenggaraan Pemerintahan Harus Terus Dievaluasi Agar Berjalan Baik

MEDAN, WOL – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengharapkan agar pemerintah daerah kabupaten dan kota bisa meraih status penilaian Tinggi (T) dan Sangat Tinggi (ST) dalam hal evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) di tahun-tahun mendatang.

“Terus lakukan evaluasi agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan baik,’’ ucap Erry saat membuka EKPPD tahun 2017, di Santika Dyandra Hotel Medan,” Rabu (9/8).

Erry juga menyebutkan hal itu bisa diwujudkan karena berdasarkan hasil validasi tim teknis nasional tahun 2016 terlihat adanya peningkatan pada jumlah kabupaten kota yang meraih prestasi ST dari tujuh kabupaten kota pada  tahun 2015 bertambah menjadi dua belas kabupaten kota di tahun 2016.

Sedangkan yang meraih prestasi Sedang (S) berkurang dari tujuh kabupaten kota tahun 2015 menjadi hanya dua kabupaten kota 2016. “Diharapkan di tahun-tahun mendatang prestasi Tinggi bahkan Sangat Tinggi diraih seluruh kabupaten kota se-Sumatera Utara,” kata Erry.

Untuk mendukung hal tersebut, Erry meminta kepada seluruh SKPD baik provinsi maupun kabupaten/kota harus memahami apa yang menjadi tugas pokok dan fungsinya masing-masing, khususnya kepala SKPD sehingga berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Karena hal ini lanjutnya sangat berhubungan dengan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. “Bagaimana kita bicara penyelenggaraan kinerja, kalau tupoksinya saja kita tidak tahu,” ujar Erry.

Setelah memahami, juga perlunya koordinasi antara SKPD yang lainnya dibawah kepemimpinan sekda masing-masing daerah. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih pelaksanaan tugas. “Setelah dipahami tupoksi dan koordinasi serta komunikasi antara SKPD dipimpin Sekda, maka EKPPD akan baik,” sebut Gubsu.

Dikatakan Erry, bahwa EKPPD ini sangat penting karena seperti diketahui bahwa sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, otonomi daerah bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menyediakan pelayanan umum dan meningkatkan daya saing daerah sesuai dengan potensi, kekhasan dan unggulan daerah yang dikelola secara demokratis, transparan dan akuntabel.

Check Also

WOL Photo

Tengku Erry: Jangan Mau Diadu Domba

MEDAN, WOL – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengingatkan agar masyarakat jangan sampai ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.