_
Home / Sumut / Pengungsi Wamena Tiba, Gubsu Pastikan Lanjut Sekolah dan Penghidupan Keluarga
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Pengungsi Wamena Tiba, Gubsu Pastikan Lanjut Sekolah dan Penghidupan Keluarga

MEDAN, Waspada.co.id – Sebanyak 36 warga Sumatera Utara (Sumut) yang menjadi korban bencana sosial di Wamena, Papua, tiba di Kota Medan, Rabu (9/10). Mereka langsung disambut dan dijamu makan oleh Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi di Kantor Gubernur.

“Yang hadir hari ini ada 14 (dari Surabaya) ditambah 22 orang (dari Jakarta), ada 36 orang. Yang belum kembali ada 264 orang. Mereka akan naik kapal. 10 hari akan sampai, kita terima di Belawan,” ujar Gubsu kepada wartawan.

Sementara itu, lanjut Gubernur, para pengungsi berjumlah 133 orang memutuskan tetap tinggal di Papua. Saat ini, warga asal Sumut itu masih ditampung di sejumlah posko pengungsi di Jayapura sembari menunggu kondisi kembali lagi ke Wamena.

Warga Sumut yang sudah kembali di Medan, Edy ingin memastikan semuanya dilayani dengan baik serta diurus segala keperluan kehidupannya. Yang terpenting, kata Edy, adalah keberlanjutan anak sekolah dan mata pencaharian kepala keluarganya. Bagi yang memungkinkan bisa dibantu akan difasilitasi oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota tujuan tinggal.

“Pertama, prioritas itu anak sekolah. Kita siapkan pakaian, buku, dan keperluan lainnya. Jadi jangan sampai putus (sekolah). Kita lihat masing-masing daerah memfasilitasi mereka,” sebutnya.

Upaya bantuan Pemprovsu ini didukung oleh DPRD Sumut. Langkah tersebut juga dinilai telah sesuai harapan anggota dewan, di mana Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting langsung merespons pembiayaan penanganan bencana sosial ini ditampung di APBD Perubahan 2019.

“Luar biasa, ditanggapi langsung dan sangat positif. Seuai harapan kita. Nanti kalau anggaran tidak ada, nanti kita minta di P-APBD (2019) itu dimasukkan untuk tanggulangi bencana,” kata Baskami. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Masyarakat Agamis Harus Ditunjang Ruang Ibadah yang Layak

MEDAN, Waspada.co.id – Masyarakat yang agamis memiliki keimanan, taat ibadah, dan menjunjung nilai-nilai spiritual dalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.