Home / Sumut / Pengajuan Mr SM Amin Nasution sebagai Pahlawan Nasional Disetujui TP2GD
Foto: Waspada.co.id
Foto: Waspada.co.id

Pengajuan Mr SM Amin Nasution sebagai Pahlawan Nasional Disetujui TP2GD

MEDAN, Waspada.co.id –  Pengajuan Mr Sutan Muhammad (SM) Amin Nasution sebagai pahlawan nasional disetujui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Rapat TP2GD, Senin (14/5), di Restoran Jimbaran Medan.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Plt Sekdaprovsu) Ibnu S Hutomo, dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumut H Rajali SSos MSP, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada panitia pelaksana yang telah memprakarsai usulan  penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Mr SM Amin hingga pelaksanaan rapat TP2GD.

“Dengan bertambahnya putra terbaik Sumut sebagai pahlawan nasional menunjukkan adanya pengakuan secara nasional bahwa warga Sumut memiliki semangat kejuangan yang tinggi dalam menjaga NKRI. Selain itu, nilai kejuangan ini juga merupakan modal dasar wujudkan visi Gubernur Sumut yakni menjadi provinsi yang berdaya saing menuju Sumut sejahtera,” kata Rajali, saat membuka sidang.

Rajali mengimbau kepada peserta rapat TP2GD, bahwa ada yang lebih penting dari usaha memperoleh gelar pahlawan nasional. Tugas terberat itu adalah bagaimana memperkenalkan dan mensosialisasikan nilai-nilai kepahlawanan SM Amin ke tengah-tengah masyarakat Sumut, khususnya generasi muda Sumut.

“Hal ini menjadi tugas bersama kita untuk memperkenalkan SM Amin di tengah masyarakat. Jangankan masyarakat, kita di pemerintahan juga masih banyak yang belum tahu kalau SM Amin itu adalah Gubernur Sumut pertama. Mungkin salah satu langkah sosialisasi nantinya adalah menjadikan nama SM Amin sebagai nama jalan atau gedung,” ujarnya.

Rajali berharap agar semua pihak yang terlibat dalam pengajuan SM Amin menjadi pahlawan nasional dapat saling bahu-membahu, agar tujuan yang ingin dicapai tidak berhenti di tengah jalan. “Semoga sidang TP2GD ini dapat menjadi momentum bersejarah dan penuh makna sebagai bentuk ucapan terima kasih, pengakuan dan penghargaan yang tinggi atas perjuangan dan jasa-jasa SM Amin,” harapnya.

Agenda persidangan dimulai dengan terlebih dahulu mendengar pemaparan biografi SM Amin dan hasil Seminar Nasional Pengusulan Mr SM Amin Nasution sebagai Pahlawan Nasional yang telah dilaksanakan sebelumnya di Gedung Digital Library Unimed, Sabtu (21/4). Kemudian TP2GD memberikan tanggapan, kritikan, dan masukan.

Kajian TP2GD dalam sidang menyatakan bahwa kelengkapan administrasi untuk pengusulan SM Amin sebagai pahlawan nasional sudah lengkap. Sebagai tambahan, TP2GD menyarankan panitia untuk melampirkan informasi tambahan yakni berupa rekomendasi dari pemerintah provinsi Riau dan Aceh, mengingat SM Amin juga memiliki pengaruh di kedua wilayah tersebut.

TP2GD menandatangani persetujuan pengusulan SM Amin dan akan mengajukannya kepada Menteri Sosial selaku Ketua Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) untuk selanjutnya diadakan penelitian administrasi.

Turut hadir dalam sidang TP2GD tersebut Kepala Biro Binsos dan Kemasyarakatan Setdaprovsu Muhammad Yusuf, asosiasi dan komunitas terkait, serta anggota tim maupun perwakilan TP2GD yang terdiri dari unsur pemerintah, TNI, kepolisian, pejuang, pakar, akademisi, dan sejarahwan.(wol/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

Foto: Waspada.co.id

Pemprovsu Evaluasi Persiapan Geopark Kaldera Toba

PARAPAT, Waspada.co.id – Mempersiapkan Geopark Kaldera Toba (GKT) menuju UNESCO Global Geopark (UGG), Wakil Gubernur ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.