_
Home / Fokus Redaksi / Pencarian KMP Sinar Bangun Dihentikan, Keluarga Korban Diharapkan Ikhlas
WOL Photo/Ega Ibra

Pencarian KMP Sinar Bangun Dihentikan, Keluarga Korban Diharapkan Ikhlas

PEMATANG RAYA, Waspada.co.id – Keluarga korban KMP Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara, diharapkan untuk ikhlas dan merelakan anggota keluarganya. Pasalnya, sulitnya proses pengangkatan jezanah menjadi problem utama yang dihadapi Tim Basarnas.

Kesepakan tersebut diperoleh dari hasil pertemuan antara para keluarga korban dengan Tim Basarnas, Forkpimda, KNKT, Tokoh Adat dan masyarat yang difasilitasi oleh Pemkab Simalungun dan Samosir.

“Ikhlaskan mereka yang sudah tenang di sana,” ujar Bupati Simalungun, JR Saragih pada pertemuan Pemkab setempat, Basarnas, KNKT dan PT Jasa Raharja serta pemangku kepentingan lainnya di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Pamatang Raya, Minggu (1/7).

Lela Supianti (56), menunggu kabar anaknya Alisa Pertiwi (23), yang menjadi korban tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Tigaras, Simalungun, Senin (25/6). Sebanyak 164 orang korban KM Sinar Bangun belum berhasil ditemukan oleh tim SAR karena terkendala cuaca. (WOL Photo/Ega Ibra)

Pertemuan itu diadakan menyikapi akan berakhirnya masa pencarian perpanjangan terakhir pada 3 Juli 2018.

Diketahui, pengangkatan jasad korban yang kemungkinan besar tidak utuh lagi, bisa memberikan duka yang lebih memilukan lagi dan tidak baik untuk korban.

Pemkab Simalungun kata Bupati, setelah pencarian berakhir pada Selasa, 3 Juli 2017, merencanakan mendirikan monumen untuk mengenang peristiwa itu dan pertanda bagi keluarga korban. “Nama-nama para korban dituliskan pada prasasti monumen itu,” kata Bupati.

Ajakan juga disampaikan para pemuka antarlintas agama dan dukungan pendirian monumen serta kegiatan keagamaan di lokasi tenggelamnya kapal. (wol/ags/data1)

 

Check Also

“Soal Wisata Halal Danau Toba Jangan Diplesetkan dan Dijadikan Polemik”

MEDAN, Waspada.co.id – Kerukunan Puak Batak Bersaudara (KPBB) berharap, persoalan wisata halal Danau Toba yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.