Breaking News
Home / Sumut / Pemrovsu Diminta Bangun Jalan Alternatif Medan – Berastagi
WOL Photo
WOL Photo

Pemrovsu Diminta Bangun Jalan Alternatif Medan – Berastagi

MEDAN, WOL – Kemacatan yang telah menjadi momok yang sangat merugikan pengguna jalan penghubung Medan – Berastagi di Sumatera Utara, telah mengundang keprihatinan dari sekelompok anak-anak muda yang menamakan diri sebagai Komunitas Sahabat Arya Sinulingga (SAS).

Melalui petisi online, komunitas SAS mengajak partisipasi masyarakat Sumatera Utara mendukung pemerintah untuk segera membangun jalan alternatif dalam rangka mengatasi kemacetan yang kerap terjadi.

“Melalui petisi online ini, kami mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara mendukung dipercepatnya pembangunan jalan alternatif Medan – Berastagi,” terang Alexander Firdaust Meliala selaku koordinator Sahabat Arya Sinulingga, Senin (13/3).

Alexander mengatakan, jalan penghubung Medan – Berastagi merupakan salah satu jalur tersibuk karena merupakan koneksi utama yang menghubungkan 7 kabupaten di Sumatera Utara dan beberapa Kabupaten di Provinsi Aceh.

“Jutaan masyarakat yang berasal dari Kabupaten Dairi, Pakpak Bharat, Karo, Simalungun, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, serta sebagian masyarakat Kabupaten Deliserdang yang berada di Wilayah Provinsi Sumatera Utara sangat tergantung dengan keberadaan jalur ini,” ujarnya.

Diungungkapkannya, selain masyarakat beberapa Kabupaten di Sumatera Utara, masyarakat 3 Kabupaten di Provinsi Aceh juga turut tergantung dengan keberadaan jalan tersebut, yakni Kabupaten Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Aceh Singkil.

“Akses logistik, pariwisata, dan ekonomi dari beberapa Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh sangat tergantung pada satu akses jalur ini. Besarnya ketergantungan masyarakat terhadap jalur ini telah membuat sering terjadinya kemacetan arus lalulintas dalam kurun beberapa tahun terakhir,” ungkap Alexander.

Melalui petisi online yang dibuat, sambung Alexander, Komunitas SAS di situs change.org dengan judul ‘Segera Bangun Jalan Alternatif Deliserdang – Karo – Dairi – Pakpak Bharat – Singkil’, diketahui jalur yang dimaksud adalah jalan yang nantinya dapat menghubungkan Medan – Kabupaten Deliserdang – Kabupaten Karo – Tongging (Danau Toba).

Sebagai gambaran, jalan lintas ini dapat ditempuh melalui Medan – Delitua – Tigajuhar – Durin Tinggung – Liang (Kabupaten Deliserdang) – Serdang – Pertumbuken – Bulanjulu – Bulanjahe – Sinaman – Merek – Tongging (Kabupaten Karo).

“Bersamaan dengan ini, kami dari Komunitas Sahabat Arya Sinulingga mempetisi Bupati dari Kabupaten terkait, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Aceh, dan Presiden Republik Indonesia untuk segera duduk secara bersama-sama dalam rangka merumuskan berbagai langkah yang diperlukan, sekaligus segera membangun jalur alternatif Deliserdang – Karo – Dairi – Pakpak Bharat – Singkil yang keberadaanya sudah sangat mendesak,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo

Peduli Lingkungan, WPG dan Masyarakat Tanam Pohon Ketapang

MEDAN, WOL – Mendorong melestarikan lingkungan dan menyemarakkan HUT RI ke-72, Wiraland Property Group (WPG), ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.