_
Home / Sumut / Pemprovsu Usulkan Ranperda Lindungi Lahan Pertanian
WOLFoto/Caessaria

Pemprovsu Usulkan Ranperda Lindungi Lahan Pertanian

MEDAN, WOL – Sebagai upaya untuk nemperbaiki kondisi ketahanan pangan di Provinsi Sumatera Utara yang mulai mengkhawatirkan, pemerintah mengusulkan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan untuk memperkuat ketahanan dan kedaulatan pangan di provinsi tersebut.

Dalam rapat paripurna DPRD Sumut di Medan, Selasa (18/8), Plt Gubernur Sumut HT Erry Nuradi menyebutkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dalam lima tahun terakhir telah terjadi alih fungsi lahan pertanian 1,65 persen per tahun.

Kondisi itu dinilai sangat mengkhawatrikan, apalagi jika dikaitkan dengan keberadaan Sumut yang dimasukkan dalam lima besar sebagai lumbung beras nasional.

Oleh karena itu, sebagai upaya menyejahterakan rakyat, Pemprovsu mengusulkan sebuah program ketahanan pangan yang merupakan kebutuhan utama manusia.

Ia melanjutkan, pemerintah pusat juga telah mengeluarkan UU 41/2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan untuk mempertahankan ketahanan pangan di Tanah Air.

“UU itu perlu ditindaklanjuti untuk mengantisipasi pengurangan lahan,” katanya

Dalam draf yang disampaikan pada rapat paripurna DPRD Sumut di Medan, Ranperda tersebut berisi 22 bab yang dijabarkan dalam 50 pasal.

Pada Bab VI tentang Perencanaan dan Penetapan Pasal 9, disebutkan bahwa dalam program tersebut Pemda menyusun usulan perencanaan lahan pertanian pangan berkelanjutan berdasarkan inventarisasi, identifikasi, dan penelitian. Usulan itu disosialisasikan kepada masyarakat untuk mendapatkan tanggapan dan saran sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan rencana lahan pertanian.

Kemudian Bab VII tentang Pengembangan Pasal 19 memuat konsep intensifikasi dengan peningkatan kesuburan tanah melalui pemupukan berimbang yang bersifat organik, anorganik, hayati, pembenahan tanah, peningkatan kualitas benih sertifikasi, diversifikasi tanaman pangan melalui pergiliran tanaman, dan penganekaragaman atau peningkatan indeks pertanaman.

Kemudian, pencegahan dan penanggulangan hama melalui sistem pengendalian terpadu, pengembangan irigasi melalui pembangunan jaringan baru, serta pemanfaatan teknologi pertanian.(wol/cza)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Warga Sambirejo Timur Deliserdang Kaget Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah

PERCUT SEITUAN, Waspada.co.id – Warga Jalan Sederhana, Dusun 10 Raya, Desa Sambirejo Timur, Kecamatan Percut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.