Breaking News
_
Home / Sumut / Pemprovsu Lestarikan Koran Kuno Jadi Pariwisata Sejarah
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Pemprovsu Lestarikan Koran Kuno Jadi Pariwisata Sejarah

MEDAN, Waspada.co.id – Tujuh hari sudah pameran Satu Abad Surat Kabar Sumatera Utara (Sumut) digelar di Lobi Kantor Gubernur Sumut, Medan. Selama pameran dilangsungkan sejak Rabu (6/2), animo masyarakat berkunjung sangat tinggi mencapai 1.500 orang.

“Selama tujuh hari digelar, rata-rata per hari pengunjung yang datang bisa sampai 200 orang lebih. Karena itu, ke depan Pemprovsu berniat melestarikan koran kuno di Sumut ini dan menjadikannya sebagai potensi pariwisata sejarah,” ujar Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, Ilyas Sitorus, Selasa (12/2).

Meskipun pameran di lobi kantor Gubsu sudah ditutup, Pemprovsu akan tetap menyelamatkan bukti otentik peninggalan sejarah di Sumut dan melanjutkan pameran tersebut. Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah sudah berencana memanfaatkan Museum Negeri Sumatera Utara di Jalan HM Joni Medan sebagai lokasi memamerkan koleksi dari koran asli dari tahun 1880 hingga 1942.

“Kita juga akan wajibkan anak-anak sekolah kunjungan ke sana. Selain itu, museum yang dioptimalkan tidak hanya di Medan saja, di kabupaten/kota juga akan dimaksimalkan mengenai sejarah dan adat istiadat daerah setempat, agar kunjungan wisata bertambah di daerah itu,” kata Wagubsu.

Begitupun, Wagubsu telah menginstruksikan kepada Dispora Sumut untuk melanjutkan pameran ini di Gedung Serba Guna, Jalan Pancing Medan. Dengan begitu, masyarakat Sumut diharapkan tetap bisa melihat koleksi koran-koran kuno di Sumut.

Puluhan pelajar SMP Islam Terpadu Rabbani Rantauprapat pun mampir melihat pameran koran tersebut. Aliya Dewanti, siswa kelas VIII SMP Islam Terpadu Rabbani, terkagum melihat Majalah Dunia Wanita yang didirikan pada 25 Juni 1949. mengatakan banyak tulisan-tulisan di dalamnya tentang informasi masalah sehari-hari yang dihadapi wanita.

“Sebenarnya berkunjung ke sini di luar dari agenda kami, karena awalnya ingin mengunjungi pameran artefak di Pekan Raya Sumatera Utara. Tapi karena melihat postingan tentang Pameran Satu Abad Surat Kabar Sumut, kita jadi tertarik datang,” ujar Kepala SMP Islam Terpadu Rabbani, Mauluddin Manurung. (wol/aa/data2)

Editor M AGUS UTAMA

Check Also

PSMS Bersyukur Jaga Rekor Tandang

MEDAN, Waspada.co.id – PSMS Medan sukses menahan imbang tuan rumah PSCS Cilacap tanpa gol dalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: