_
Home / Sumut / Pemprovsu Belajar SPBE, SAKIP, dan Pariwisata ke Banyuwangi
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Pemprovsu Belajar SPBE, SAKIP, dan Pariwisata ke Banyuwangi

BANYUWANGI,Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) bersama enam kabupaten studi tiru ke Kabupaten Banyuwangi, Senin (21/10). Enam kabupaten tersebut adalah Kabupaten Serdang Bedagai, Deliserdang, Langkat, Karo, Labuhanbatu Utara, dan Batubara.

Rombongan yang dipimpin Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah diterima langsung Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Hadir di antaranya, Bupati Labura Kharuddin Syah, Bupati Serdang Bedagai Soekirman, Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Sekdakab Langkat Indra Salahuddin, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Deliserdang Faisal Arif Nasution, Kadisporapar Batubara Ilyas, dan sejumlah pimpinan OPD Pemprovsu.

Wagubsu menyampaikan kunjungan tersebut bertujuan untuk mempelajari tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), pengembangan pariwisata, dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang berhasil diterapkan Pemkab Banyuwangi.

“Melalui kunjungan ini, kami ingin mengetahui cara Pemkab Banyuwangi berhasil menerapkan SPBE dan SAKIP serta pengembangan destinasi wisata. Sehingga nantinya dapat kami terapkan di Sumatera Utara,” ujar Wagub atau akrab disapa Ijeck.

Diketahui, Banyuwangi ditetapkan sebagai kabupaten terbaik layanan SPBE oleh Kementerian Pendayagunaan dan Administrasi Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tahun 2019. Pada evaluasi SPBE ini, Banyuwangi mendapatkan indeks sebesar 3,43 dari skala lima atau tertinggi di kategori kabupaten seluruh Indonesia.

Selain itu, Banyuwangi berhasil meraih nilai A dalam penilaian SAKIP dari Kemenpan RB selama tiga tahun berturut-turut, yaitu 2016, 2017, dan 2018. Banyuwangi juga berhasil mengembangkan sektor pariwisata. Terakhir, agenda wisata Banyuwangi Festival menyabet penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan RB.

Tentang enam kabupaten yang ikut studi tiru, Wagubsu menjelaskan bahwa keenam daerah yang memiliki potensi pariwisata yang sama dengan Kabupaten Banyuwangi. Di antaranya potensi wisata pantai dan pegunungan.

“Ke depan akan terus dilakukan studi tiru ke daerah-daerah berprestasi dan memiliki banyak inovasi, dengan melibatkan kabupaten/kota di Sumut, sesuai potensi di daerahnya,” jelas Ijeck.

Bupati Abdullah Azwar Anas menyambut rombongan Pemprovsu dan merasa terhormat. Azwar juga menyampaikan pihaknya siap berbagi ilmu dan pengalaman tentang SPBE, pengembangan pariwisata serta SAKIP. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

适适

Check Also

Tinjau Benih Induk Hortikultura, Sabrina Kagumi Hasil Inovasi Pertanian

BERASTAGI, Waspada.co.id – Dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Karo, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.