Home / Fokus Redaksi / Pemprovsu Bangga Kontribusi Pers Sumut
WOL Photo/Ega Ibra

Pemprovsu Bangga Kontribusi Pers Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Pemprovsu bekerja sama dengan Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (Pussis-Unimed) dan Rumah Sejarah Medan menggelar Pameran Satu Abad Surat Kabar yang Terbit di Sumut di kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Rabu (6/2).

Pameran yang digelar hingga 8 Februari nanti ini dibuka oleh Sekdaprovsu Dr Hj Sabrina MSi mewakil Gubsu Edy Rahmayadi. Dalam sambutannya, Sabrina mengekspresikan kebanggaannya atas eksisitensi dan peran pers di Sumatera Utara.

“Sejarah pers Sumut memang mengagumkan, di mana ditemukan 147 penerbitan selama periode 1880-1942. Jumlah ini terbanyak di Indonesia pada masa kolonial Belanda,” kata Sekdaprovsu.

Di era sekutu Belanda (1945-1948), Sabrina menambahkan bahwa Sumut sendiri punya empat koran. Keempat surat kabar itu adalah Soeloeh Merdeka, Waktoe, Mimbar Oemoem, dan Waspada. Hebatnya, Mimbar Umum dan Waspada masih terbit hingga sekarang.

“Saya salut dengan Mimbar Umum dan Waspada. Ini menunjukkan kuatnya perjuangan media di Sumut di masa-masa perjuangan dan kemerdekaan. Kami bangga perkembangan pers Sumut berkontribusi bagi bangsa dan bisa dibilang Sumut merupakan salah satu tonggak sejarah berdirinya pers di Indonesia,” sebut Sabrina.

“Sumut juga patut berbangga karena melahirkan tokoh pers dengan gelar Raja Delik Pers di Indonesia, yakni Parada Harahap. Pada masanya, beliau menentang Belanda dalam pemberitaan dan sering keluar masuk penjara,” katanya lagi.

Ketua Pussis Unimed, Dr Ichwan Azhari, mengatakan pameran ini merupakan ketiga kali secara beruntun diadakan dan pertama dipamerkan di Kantor Gubsu. Tahun ini bisa dibilang berbeda karena surat kabar yang dipamerkan tergolong asli.

“Selama ini tidak pernah asli, tapi di tahun ini bisa asli karena fasilitas yang disediakan Pemprovsu memungkinkannya. Kami pun berharap Pemprovsu bisa menjaga warisan sejarah yang luar biasa ini,” ujar Ichwan.

Setelah gunting pita, Sekdaprovsu beserta undangan melihat pameran koran dan alat pers lainnya. Saat melihat tampilan Harian Waspada edisi 1948, Sekdaprovsu didampingi Austin Tumengkol yang juga Pemimpin Redaksi Waspada Online dan cucu H Mohammad Said/Hj Ani Idrus (pendiri Harian Waspada).

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah juga menyempatkan diri melihat pameran. (wol/aa/data1)

editor M AGUS UTAMA

Check Also

Sekdaprovsu Harapkan Capai Target Nasional

TEBINGTINGGI, Waspada.co.id – Untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: