Home / Sumut / Pemprovsu Ajak Sektor Swasta Capai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
Foto: Waspada.co.id

Pemprovsu Ajak Sektor Swasta Capai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah dengan resmi membuka acara Seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (5065) di Arya Duta Hotel Medan, Rabu (17/10).

Diselenggarakan oleh PTTEP dan MM Sustainability Universitas Trisakti,Wakil Gubernur Sumatera Utara mengajak sektor swasta untuk bekerjasama dengan pemerintah untuk bersama-sama menciptakan kolaborasi dan front persatuan untuk mencapai 5065 di Indonesia.

Setiap negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), termasuk lndonesia telah menyepakati komitmen serius global Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals. SDGs terdiri atas 17 tujuan dan 169 target yang membidik berbagai isu pembangunan, dari kemiskinan hingga kerjasama internasional.

Di Indonesia, implementasi tujuan dan target SDGs dikelompokkan ke dalam empat pilar, yaitu pilar pembangunan sosial, pilar pembangunan ekonomi, pilar pembangunan lingkungan dan pilar pembangunan hukum.

General Affairs Manager PTTEP lndonesia, Bapak Afiat Djajanegara, menuturkan bahwa kemitraan ini bertujuan melakukan pembinaan relasi antar pemangku kepentingan; termasuk pemerintahan, sektor swasta, LSM dan individu.

“Menjalin kemitraan ini perlu dibina agar para pemangku kepentingan dapat bersama-sama membantu Indonesia mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Seminar di Medan ini merupakan seminar ke-4 dalam serangkaian acara yang telah diselenggarakan oleh PTTEP dan MM-Sustainability di 5 kota di lndonesia,” tuturnya.

Ikut serta mendukung Pemerintah Indonesia untuk bersama-sama membantu menjaga komitmen guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Namun kami dari sektor swasta menyadari bahwa untuk mencapai SDGs adalah upaya kolektif dan tidak dapat dilakukan tanpa kolaborasi.

“Sebagai langkah nyata, PTTEP Indonesia akan mengadakan seminar serupa di kota-kota besar Indonesia, agar semua pemangku kepentingan dapat saling membantu untuk mencapai 5065. Kami harap di kemudian hari, inisiatif seperti ini juga akan dilakukan oleh sektor swasta lainnya, sehingga betul-betul menciptakan dampak pembangunan yang berkelanjutan,” jelasnya.

Sementara disampaikan,Wakil Gubernur Sumatera, Musa Rajekshah bahwa melalui seminar ini, diharapkan dapat memberikan dukungan dan dorongan dalam membangun provinsi Sumut.

“Karena memang ada beberapa fokus Pemerintah Sumatera Utara, diantaranya adalah pembangunan Infrastruktur dan memajukan beberapa sektor diantaranya pariwisata, dengan adanya seminar kemitraan ini, akan membantu dalam mewujudkan apa yang menjadi tujuan bersama,” pungkasnya. (wol/eko/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

Layanan PLN 123 Pangkas Aktivitas Calo

MEDAN, Waspada.co.id – Layanan contact centre PLN 123 diklaim telah memangkas aktivitas para calo sejak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: