Breaking News
Home / Pemilu / Pemko Binjai Hibahkan Dana Pilkada Rp15,5 M
foto: istimewa

Pemko Binjai Hibahkan Dana Pilkada Rp15,5 M

BINJAI, WOL – Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara menghibahkan dana pelaksanaan pemilihan kepala daerah setelah disetujui DPRD setempat kepada Komisi Pemilihan Umum sebesar Rp15,5 miliar.

“Dihibahkan dana untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah,” kata Wali Kota Binjai Muhammad Idaham, di Binjai, Jumat (24/4).

Dana yang dihibahkan itu akan dilakukan dalam tiga tahapan dimana tahap pertama sebesar Rp7 miliar, tahap kedua Rp5 miliar dan tahap ketiga Rp3,5 miliar, katanya. Idaham mengungkapkan besaran dana untuk pelaksanaan pilkada awalnya diberikan KPU kepada pemerintah kota, dan selanjutnya dibahas dengan DPRD.

Akhirnya dari besaran dana yang diajukan Rp16 miliar, Pemkot Binjai dan DPRD mengesahkan dana sebesar Rp15,5 miliar, termasuk dana pengamanan petugas Polri, TNI yang diambil dari APBD Kota Binjai.

Selain itu Pemkot Binjai juga siap mendukung kinerja KPU agar pelaksanaan pilkada berjaalan aman dan lancar.

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Heri Dani mengatakan dari dana Rp15,5 miliar itu dimana Rp1,2 miliar merupakan dana pengamanan untuk Polri, dan Rp300 juta merupakan dana pengamanan untuk TNI yang dicadangkan dalam pelaksanaan pilkada.

Selain itu juga KPU Binjai telah siap melaksanakan pilkada dan sudah memulai tahapan awal seperti merekrut petugas PPK dan PPS serta mendata pemilih.

Heri Dana juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan pilkada di kota Binjai akan dilakukan bulan Desember mendatang, tahapan lain pilkada akan dimulai Juni mendatang, dan menerima pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota juga pada bulan Juni.(ant/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Gubsu Dekranasda Tumbuhkan Cinta Produk Kerajinan Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengharapkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: