Home / Sumut / Pemkab Deliserdang Gelar Diklat Program Induksi Guru Pemula SD
WOL Photo

Pemkab Deliserdang Gelar Diklat Program Induksi Guru Pemula SD

LUBUKPAKAM, WOL – Sekretaris Daerah Kabupaten Deliserdang (Sekdakab) Deliserdang Darwin Zein  membuka diklat program induksi guru pemula SD kepada 40 orang  guru SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang Tahun Anggaran 2018 di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Deliserdang, Lubuk Pakam Rabu (21/2).

Darwin Zein dalam sambutannya mengatakan, bahwa pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan peranan pembangunan, baik itu pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Semua orang mengakui, bahwa peranan dunia  pendidikan tidak sebatas memberikan pengetahuan dan keahlian kepada tiap individu untuk dapat bekerja sebagai agen perubahan ekonomi yang baik bagi masyarakat saja, akan tetapi pendidikan juga menanamkan tata nilai yang serba luhur atau ahlak mulia, norma-norma, cita-cita tingkah laku dan aspirasi, yang selalu berkaitan langsung maupun tidak langsung, dengan kepentingan pembangunan bangsa khususnya pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Melihat urgensi dan kompleknya dunia pendidikan tersebut maka tanggung jawab dan maju mundurnya dunia pendidikan tidak bisa hanya diletakkan pada pundak pemerintah saja, akan tetapi melibatkan kita semua, seluruh stake holders pendidikan, baik dari sisi software (kurikulum dan sistem pendidikan) maupun hardwarenya (peserta didik, guru, orang tua, pemerintah, lingkungan, infrastruktur pendidikan, keluarga dll) diwajibkan harus turut andil dalam proses keberlangsungan pendidikan,” ujar Darwin Zein.

Sekdakab berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat diserap dan dipahami untuk nantinya dapat diimplementasikan dengan baik di dalam menjalankan tugas dan tangung jawab di lingkungan kerja masing masing.

Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur BKD Deliserdang, Sunardi menjelaskan bahwa tujuan diklat ini digelar untuk membimbing guru pemula agar dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah/madrasah, membantu guru pemula agar mampu melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional di sekolah/madrasah.

“Diklat ini diikuti  40 orang  peserta  dari guru SD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Deliserdang berlangsung selama 12 hari atau 110 jam pelajaran dari tanggal 21 Februari s/d 6  Maret 2018,” pungkasnya. (wol/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

Plt Sekda: Sabrina Hidupkan Semangat Pemprovsu

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi akan melantik Sabrina menjadi Sekretaris ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: