_
Home / Fokus Redaksi / Pembangunan PLTA Batangtoru Ancam Populasi Ikan Jurung dan Orangutan
WOL Photo/muhammad rizki

Pembangunan PLTA Batangtoru Ancam Populasi Ikan Jurung dan Orangutan

SIBOLGA, Waspada.co.id – Praktisi Fakultas Kehutanan USU yang membidangi Ekologi dan Biodeversity, Onrizal, menyebutkan pembangunan PLTA Batangtoru diduga akan mengancam keberadaan keanekaragaman hayati yang ada di sepanjang kawasan tersebut. Sebab, tingginya keanekaragaman hayati di Indonesia karena hutan yang ada menyediakan sumber pakan yang cukup.

“Rantai makanan ini akan putus karena vegetasinya berkurang. Apalagi kita bicara orangutan. Kalau wilayahnya terganggu, orangutan akan menjauh 2 kilometer kiri kanan dari lokasi yang mengalami kerusakan,” ungkapnya dalam sebuah diskusi bersama sejumlah lembaga yakni Mighty Eart, Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), Centre Orangutan Protection (COP) dan lainnya, Selasa (30/4) malam.

Lebih lanjut dikatakan, jika dam ini dipaksakan juga harus terbangun, akan berdampak pada terhentinya migrasi ikan jurung. “Jadi bukan hanya mengancam keberlangsungan orangutan, tapi juga biota lainnya,” tambahnya.

Masih kata Onrizal, selain biota masyarakat juga sangat dirugikan. Sebab air yang biasa mengalir setiap hari 24 jam, hanya bisa dinikmati masyarakat sekitar 6 jam saja.

“Jadi semua apa yang dilakukan pelaksana/pengembang sangat berdampak pada kehidupan masyarakat sekitar,” pungkasnya.(wol/mrz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Perhatian Dunia Terhadap Isu Batangtoru Bentuk Dukungan Pelestarian Alam, Bukan Intervensi

Batangtoru, Waspada.co.id – Beberapa wartawan dari media nasional maupun lokal berkunjung ke daerah Simarboru (Sipirok, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.