Home / Sumut / Pembangunan Jalur Ganda KA Sudah Tahap MoU
Istimewa

Pembangunan Jalur Ganda KA Sudah Tahap MoU

MEDAN, WOL   – Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, PT Angkasa Pura II, PT Railink, dan PT Kereta Api Indonesia menandatangani nota kesepahaman pembangunan jalur ganda kereta api dari Medan-Bandara Kualanamu di Kabupaten Deliserdang, Kamis (8/10).

Kegiatan itu disaksikan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Plt Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, serta dua anggota Komisi V DPR RI Salim Fahri dan Anton Sihombing. Penandatangan MoU itu dilakukan oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko, Dirut Angkasa Pura 2 Budi Karya Sumadi, Dirut Railink Heru Kuswanto, dan Dirut KAI Edi Sukmoro.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko mengatakan, kesepahaman itu berkaitan tentang penggunaan tanah dan bangunan untuk pembangunan jalur ganda kereta api lintas Araskabu-Kualanamu. Ruang lingkup kesepahaman itu meliputi penyediaan tanah yang akan dibangun sebagai lokasi jalur ganda.

“Kami membangun jalur ganda, KAI dan AP 2 menyediakan lahan,” katanya.

Pihaknya berharap kesepahaman itu dapat ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama yang dapat ditandatangi hingga tiga bulan ke depan.

Menhub Ignasius Jonan menyampaikan apresiasinya karena adanya kesepakatan antarinstansi tekait untuk membangun jalur ganda kereta api tersebut.

Inisiasi untuk pembangunan jalur ganda tersebut sudah ada sekitar empat tahun lalu agar tidak ada lagi antrean gerbong karena keterbatasan jalur.(wol/cza/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

PGN Pastikan Proses Akuisisi Pertagas Tetap Lanjut

MEDAN, Waspada.co.id – Sebagai bagian tahapan pembentukan Holding BUMN Migas, PT Perusahaan Gas Negara Tbk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: