Home / Sumut / Pelajar Balige Terima KIP Dari Presiden Jokowi
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Pelajar Balige Terima KIP Dari Presiden Jokowi

BALIGE, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) secara simbolis kepada para siswa SD hingga SLTA di lapangan SMKN 1 Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat (15/3).

Sedikitnya ada 339.998 siswa calon penerima KIP untuk seluruh jenjang pendidikan di seluruh Sumut. Nilai dana KIP yang akan dikeluarkan sebesar Rp173 miliar. Untuk SD, dana yang diterima sebesar Rp450 ribu/siswa, SLTP Rp750 ribu/siswa, dan SLTA Rp1 juta/siswa.

“Beli pulsa boleh tidak? Tidak boleh, uang itu hanya dibelikan untuk hal-hal berkaitan dengan pendidikan, di luar itu tidak boleh,” kata Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan pemerintah telah melaksanakan program revitalisasi SMK. Dengan direvitalisasinya SMK, sekolah akan mendapatkan bantuan pembangunan dan peralatan praktik. Tujuannya agar lulusan SMK dapat diterima di setiap lapangan pekerjaan yang ada.

“Akan ada pembangunan di SMK 1, juga diberikan peralatan untuk praktik anak-anak dalam menuju ke proses diterimanya baik di kantor maupun industri yang ada,” ujarnya.

Sesaat kemudian, Jokowi bertanya kepada siswa apakah setuju jika sekolahnya direvitalisasi. Para siswa serempak menyambut dengan jawaban setuju. Gubernur Sumut (Gubsu), Edy Rahmayadi, menyampaikan SMKN 1 Balige telah ditetapkan menjadi sasaran program vokasi revitalisasi SMK sebagai terobosan Pemprovsu mendukung Inpres Nomor 9 tahun 2016.

“Revitalisasi tersebut berdampak memacu SMK di bidang seni dan kreatif dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya Sumatera Utara,” kata Edy.

Gubsu juga mengatakan para siswa sangat gembira lantaran kedatangan Presiden Jokowi ke daerah mereka. Untuk itu, Edy mengharapkan arahan dan bimbingan presiden guna meningkatkan semangat belajar dan kualitas pelajar di Sumut.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengatakan SMKN 1 Balige telah masuk daftar sekolah yang mengikuti program revitalisasi tahun 2019. Tahun ini, Kemendikbud telah mengagendakan 70 SMK yang akan mengalami proses revitalisasi. Total, SMK yang telah memasuki proses revitalisasi sebanyak 280 sekolah. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Jokowi Ungkap Alasan Pilih Ma’ruf Amin Jadi Wakilnya

JAKARTA, Waspada.co.id – Capres nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi memuji sosok KH Ma’ruf ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: