_
Home / Sumut / PDAM Tirtanadi Tuan Rumah Majelis Taklim Sumut Bangkit

PDAM Tirtanadi Tuan Rumah Majelis Taklim Sumut Bangkit

MEDAN, WOL – Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho menghadiri Majelis Taklim Sumut Bangkit (MTSB) yang digelar bersamaan dengan peringatan Isra’ Mikraj di Masjid Ma’ul Hayah Kompleks Kantor PDAM Tirtanadi, Jumat (8/5).

Mengambil tema meningkatkan integritas dan etika birokrasi, majelis Taklim diisi oleh tausiyah Ahmad Sulaiman. Sebagaimana penyelenggaraan sebelumnya, MTSB yang ke tujuh ini diawali dengan sholat Subuh berjamaah. Hadir Walilkta Medan Dzulmi Eldin, Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo , Ketua TP PKK Sumut Sutias Handayani, Plh Sekda provsu Sabrina, Sekda Kota Medan Sayaiful Bahri, Ketua MUI Medan  M Hatta, Ahmad, direktur BUMD , jajaran Direktur PDAM Tirtanadi, karyawan PDAM Tirtanadi dan jajaran staf dan pejabat Pemko Medan maupun Pemprov Sumut.

Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho dalam sambutannya mengatakan bahwa Majelis Takljm kali ini yang dirangkaikan dengan perayaan Isra’ Mikraj diharapkan menjadi sebagai media membangun integritas.  “Dengan peringatan ini menjadi momentum meningkatkan integritas bangkit semangat bekerja birokrasi Sumut. Meningkatkan uhuah islamiah, perkuat silahturahmi, dan persatuan kesatuan,” kata Gubsu.

Menurutnya, Majelis Taklim Sumut Bangkit yang diantaranya adalah kegiatan subuh berjamaah adalah spririt untuk mengawali aktivitas kegiatan pagi dengan yang positif dan konstruktif. “Sebelumnya majelis ini tiga kali diisi oleh ceramah dr Ahzami Jazuli yang ingatkan keberkahan umat jika pagi hari diawali dengan kegiatan bermanfaat,” kata Gubsu.  Dikatakannya, tantangan regional dan global yang ada di depan mata, maka kompetensi SDM menjadi kunci utama memenangkan persaingan.

“Setiap kita akan kembali menghadap sang pencipta, dan indahnya kita menyadari apa yang akan dilakukan, kita akan kembali, dan Allah akan menerima orang yang bertakwa dan orang bertakwa adalah orang yang lebih baik dari hari ini,” katanya.

Sementara itu Drs H T Dzulmi Eldin mengatakan  Sumut bangkit tidak hanya slogan namun juga menjadi wadah interaktif sosial diantara pemerintah dan masyarakat.” Saya selalu katakan Medan adalah rumah kita bersama, dan  mari kita jaga kota ini untuk menjadi lebih humanis, sejahtera dan religi,” ujar Eldin. Dan kegiatan MTSB menurut Eldin menjadi salah satu upaya mewujudkan cita-cita tersebut.

Prof Sulaiman dalam tausiahnya menegaskan sholat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui proses Isra’ Mikraj adalah kunci ibadah. Mendirikan sholat adalah bagian dari upaya meningkatkan integritas dan etika birokrasi.

“Sholat juga menjadi penciri utama suatu generasi dan ummat,” ujar Ahmad.  Dijelaskannya dalam Surat Maryam ayat 59, Allah menyebutkan dan datanglah generasi setelah mereka yaitu generasi yang buruk, generasi buruk adalah yang menyia-nyiakan sholat.  Dan mereka generasi yang buruk mengikuti hawa nafsu.

“Kalau ingin menjadi ummat terbaik, maka senantiasa ingin membentuk jammaah sholat. Untuk menjadikan umat berprestasi ada proses, dimulai dari rumah tangga, membentuk anak kita menjadi anak yang senantiasa menegakkan sholat,” katanya. Surat Thoha ayat  132, lanjutnya, Allah memerintahkan kepada kepala Rumah Tangga ajarkan keluargamu untuk tegakkan sholat dan bersabarlah kalian dan ajarkan dan tegakkan sholat di rumah tangga. Ini membuktikan tidak mudah melakukannya.

Dikaatakakannya apa bila ummat telah melaksanakan sholat dengan khusuk, maka dia tidak akan mau berkata atau berbuat tidak berguna . Selanjutnya, tambahnya, dia akan bekerja secara efektif, efisien dan produktif. (wol/data2)

Penulis: RIDIN
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Sabrina Sampaikan Potensi Besar Investasi di Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Dr Hj Sabrina, menyampaikan potensi bagi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.