Home / Sumut / Paslon Tulus-Faja’aro Menangkan Pesta Demokrasi di KMN UPMI
WOL Photo/Ist

Paslon Tulus-Faja’aro Menangkan Pesta Demokrasi di KMN UPMI

MEDAN, WOL – Penyelengaraan pemilihan Badan Pengurus Harian (BPH) Kesatuan Mahasiswa Nias (KMN) UPMI Medan periode 2018 – 2019 berlangsung tertib dan lancar di Kampus II Jalan Balai Desa, Amplas dan Aula Kampus III UPMI Jalan Teladan, Medan Rabu (18/4).

Pemilihan diikuti 2 Pasangan Calon (Paslon) yakni pasangan nomor urut 1, Ketua Tulus Hia, Wakil Ketua Faja’aro Lafau. Menyusul pasangan nomor urut 2, Ketua Yulisman Gulo, Wakil Ketua Syukurman Zega.

Sebanyak 232 dari 350 Mahasiswa asal Nias yang menimba ilmu di UPMI Medan dan terdaftar sebagai anggota KMN Komisariat UPMI Medan berpatisipasi menggunakan hak suaranya. Dari Rekapitulasi hasil pemungutan suara, Paslon nomor urut 1 meraih 127 suara sedangkan Paslon nomor urut 2 meraih 104 suara dan 1 surat suara dinyatakan batal.

Ketua Panitia, Linda Yanti Hulu kepada wartawan menjelaskan bahwa proses pemilihan dibagi dalam 2 sesi yakni Sesi pertama pada pagi hari dimulai pukul 10.00 – 13.00 Wib bertempat di Kampus II UPMI Medan Jalan Balai Desa, Amplas dan Sesi kedua pada sore hari dimulai pukul 16.00 – 19.00 WIB bertempat di Aula Kampus III UPMI Medan Jalan Teladan.

“Agar semua Mahasiswa asal Nias dapat menggunakan Hak Pilihnya maka waktu pelaksanaan pemilihan disesuaikan dengan jadwal masuk kuliah yaitu pagi dan sore hari,” kata Linda.

Selain itu, tahapan penyelenggaran pemilihan BPH KMN UPMI Medan kali ini terasa unik karena menyerupai tahapan pemilihan Kepala Daerah.

Tahapan dimulai dengan pendaftaran bakal calon diikuti kemudian dengan seleksi administrasi. Selanjutnya bakal pasangan calon yang lulus seleksi administrasi dikukuhkan sebagai pasangan calon dan diberi waktu untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh anggota KMN UPMI.

Paslon juga melakukan debat terbuka sekaligus memaparkan visi misinya kepada seluruh anggota KMN yang hadir. Debat kandidat dilakukan sebanyak dua kali yakni tanggal  3 April 2018 di Kampus II UPMI Jalan Balai Desa, Amplas dan tanggal 12 April 2018 di Aula Kampus III UPMI Jalan Teladan, Medan.

“Proses pemilihan mengadopsi sistem pemilihan kepala daerah. Mulai dari pendaftaran sampai proses pencoblosan,” ungkap Linda.

Pantauan di lokasi pencoblosan, terlihat setiap Mahasiswa asal Nias yang menjadi anggota KMN UPMI Medan melakukan pencoblosan di bilik suara yang telah disediakan. Lembar suara yang berisi gambar 2 Paslon yang telah di coblos dimasukkan dalam kotak suara.

Untuk menghindari terjadinya pencoblosan ganda, maka setiap mahasiswa yang telah melakukan pencoblosan mencelupkan jarinya di tinta yang telah disedikan panitia.

Proses pemilihan ini dihadiri Penasehat KMN UPMI Medan diantaranya H. Ahmad Nasir Hia, SH, M. Hum, Zaman K. Mendrofa, SH, MH, Fasa’aro Zalukhu, SH, Filemo Daely, SH, Pengalaman La’ia, SH serta BPO dan Senior KMN UPMI Medan.

Penasehat KMN UPMI Medan Zaman K. Mendrofa, SH, MH mengaku sangat bangga melihat kekompakan dan kemajuan yang dicapai KMN UPMI. Dirinya juga mengapresiasi kinerja BPH KMN UPMI Demisioner (2017-2018) yang menurutnya telah melakukan banyak terobosan dan meletakan pondasi yang kuat dan standar tinggi bagi BPH KMN UPMI yang akan datang.

“Kami dari jajaran Penasehat KMN UPMI mengapresiasi kinerja BPH KMN Demisioner (2017-2018) yang telah meletakan pondasi yang kuat dan standar tinggi bagi BPH KMN UPMI yang akan datang,” kata Zaman K. Mendrofa.

Dirinya juga mengapresiasi kinerja Panitia yang sukses menyelengarakan rapat komisariat hingga pemilihan BPH KMN UPMI tanpa insiden apapun.

“Panitia masih memiliki tugas yang cukup berat yaitu menyelenggarakan Pelantikan BPH KMN UPMI terpilih periode 2018 – 2019 serta Seminar Nasional pada tanggal 5 Mei 2018 yang akan datang,” jelas Zaman K. Mendrofa.

Sementara itu, Penasehat KMN UPMI lainnya, Fasa’aro Zalukhu dalam sambutannya meminta seluruh anggota KMN UPMI untuk menghormati hasil pemilihan BPH KMN UPMI dan kembali bersatu membesarkan KMN UPMI usai pemilihan ini.

“Siapapun yang menang harus kita dukung, jangan ada lagi blok – blok. Jangan ada perpecahan hanya karena pemilihan ini, kita harus bersatu untuk membesarkan KMN UPMI supaya lebih jaya di masa – masa yang akan datang,” tegas Fasa’aro. (wol/data2)

Editor: RIDIN

Check Also

Kasatlantas Tindak 8 Bus Naikkan Penumpang di Atap

MEDAN, Waspada.co.id – Satuan Unit Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Medan menindak delapan bus tujuan Medan-Berastagi. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: