_
Home / Sumut / Pansus Aset DPRD Sumut Rekomendasikan Bentuk Desk Asset
Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Sumut, HM Hanafiah Harahap (foto: facebook)

Pansus Aset DPRD Sumut Rekomendasikan Bentuk Desk Asset

MEDAN, WOL – Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Aset DPRD Sumut, HM Hanafiah Harahap mengklaim kinerja pansus hampir rampung dalam mendata dan mencari solusi penyelesaian masalah aset milik Pemprov Sumut.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, pihaknya telah bekerja selama tiga bulan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dari kinerja tersebut, Pansus Aset merekomendasikan pembentukan Desk Asset untuk mempercepat penyelesaian masalah aset yang tersebar di 33 kabupaten/kota di Sumut.

“Dengan adanya Desk Asset ini, diharapkan penanganan pengumpulan aset-aset Pemprov Sumut dapat dilakukan melalui satu pintu supaya lebih efektif. Desk Asset ini nantinya terdiri dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), pihak kepolisian, kejaksaan, Pemprov Sumut, dan anggota DPRD Sumut sendiri,” katanya, Rabu (6/1).

Lebih lanjut Hanafia menuturkan, pihaknya berharap Sekda Provsu Hasban Ritonga memimpin langsung pansus ini agar masalah pengumpulan aset-aset berharga dapat segera diselesaikan. “Kalau mau tuntas, inilah momentumnya,” ujarnya.

Hanafiah mengatakan, permasalahan aset yang banyak terjadi adalah terkait ketiadaan alas hak karena legal story serah terima aset dari pemerintah pusat tidak jelas. Desk Asset tersebut akan mengambil langkah konkrit untuk mempermudah koordinasi keputusan, karena BPN telah memberi kemudahan dalam memberikan alas hak.

Ia juga menyebutkan, ratusan aset milik Pemprov Sumut seperti tanah dan bagunan gedung tidak memiliki alas hak, selain itu puluhan aset seperti rumah dinas banyak yang masih dikuasi mantan pejabat dan aset seperti kendaraan roda empat dan roda dua banyak tidak terpakai dan hanya digudangkan saja.(wol/cza/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Fasilitas KNIA Tak Sesuai Fungsi, Kemana Petugas?

BERINGIN, Waspada.co.id – Kualanamu International Airport (KNIA) menjadi salah satu bandara yang cukup megah dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.