_
Home / Sumut / Pangdam I/BB Dukung Program BKKBN Terkait Kependudukan, KB dan KKBPK
WOL Photo/Ist

Pangdam I/BB Dukung Program BKKBN Terkait Kependudukan, KB dan KKBPK

MEDAN, Waspada.co.id – TNI menyoroti permasalahan penduduk yang jumlahnya kian meningkat dari hari ke hari. Peradaban umat manusia, khususnya di Indonesia, sangat tergantung dengan keberhasilan pemerintah dalam mengendalikan jumlah penduduk.

Jumlah penduduk yang kian meningkat tanpa terkendali adalah bom waktu, karena semakin lama jumlah ketersediaan pangan tidak dapat mengimbangi jumlah penduduk tersebut. Jumlah pertumbuhan penduduk diibaratkan seperti deret ukur (1, 2, 4, 8, 16, …..). Sementara pertumbuhan pangan sama seperti deret hitung ( 1, 2, 3, 4, 5, …..).

Jika ini terus berlanjut, manusia akan berebut, mengahalalkan segala cara, bahkan bukan tidak mungkin saling berperang hanya demi memenuhi kebutuhan perut yang sejengkal.

Hal ini tentunya, dapat mengancam pertahanan keamanan negara. Karena itu Program Keluarga Berencana merupakan program yang sangat penting dan harus diseriusi. Hal ini diungkapkan Pangdam I Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI M. Sabrar Fadhilah ketika menerima audiensi dari Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara dan pimpinan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kota Binjai di Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (17/7).

Fadhilah menambahkan, bahwa TNI sejak dulu menjadi mitra BKKBN dalam memberhasilkan program KB. BKKBN sendiri tidak hanya konsen pada jumlah penduduk saja tapi juga pada sebaran penduduk, kualitas sumber daya manusia dan harapan hidup manusia.

Para pemangku kebijakan dan masyarakat, harus menyadari pentingnya melaksanakan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Sehingga jumlah penduduk dapat terkendali.

Pangdam I/BB ini juga mengimbau, agar kegiatan ini jangan hanya pencanangan saja, target yang direncanakan harus dapat dicapai bahkan upayakan melebihi target. TNI selalu siap untuk kepentingan bangsa dan negara, selain bertanggung jawab terhadap masalah keamanan dan ketahanan nasional.

TNI juga siap dalam melaksanakan program-program pemberdayaan masyarakat lainnya, seperti Program Keluarga Berencana, Pertanian, Kesehatan, Lingkungan Hidup dan sebagainya. “TNI memiliki prajurit-prajurit yang tangguh yang selalu siap dalam kondisi apa pun mendedikasikan seluruh jiwa raganya untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatatera Utara, Temazaro Zega, berterima kasih atas komitmen dan dukungan TNI terhadap Pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Provinsi Sumatera Utara. Dia juga menyampaikan mengenai berbagai persiapan yang sudah dilaksanakan terkait pelaksanaan Pencanangan Baksos TNI-KKBPK-Kesehatan, dan meminta dukungan dan saran dari Pangdam I/BB.

Kegiatan Pencanangan Bakti Sosial-TNI-KKBPK Kesehatan Tingkat Provinsi Sumatera Utara ini rencananya akan dihadiri oleh Kepala BKKBN, Hasto Wadoyo, dan Pangdam I/BB. Kegiatan pencanangan akan diisi dengan beragam pelayanan gratis kepada masyarakat antara lain, Pelayanan KB (IUD, Implant, MOW, MOP, Suntik, Pil, Kondom), Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan, Pemeriksaan IVA, Donor Darah dan kegiatan pelayanan lainnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Pejabat Kodam I/BB. Audiensi ini dilaksanakan dalam rangka Pelaksanaan Pencanangan Bakti Sosial TNI-KKBPK-Kesehatan Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Kota Binjai pada Kamis (25/07) mendatang. (wol/ags/data1)

Check Also

TNI dan Polri Siaga Antisipasi Kerusuhan Putusan Sengketa Pemilu

MEDAN, Waspada.co.id – Seribuan pasukan gabungan TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, KPU, dan Bawaslu melakukan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.