Home / Fokus Redaksi / Pakai Jaket Oranye, Sonny Firdaus Digiring Masuk Sel KPK
Foto: istimewa

Pakai Jaket Oranye, Sonny Firdaus Digiring Masuk Sel KPK

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut), Sonny Firdaus ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (5/7) setelah menjalani pemeriksaan sejak pagi, terkait kasus suap mantan Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho.

Sementara dua kolega Sonny, Helmiati dan Muslim Simbolon mangkir dari panggilan lembaga antirasuah tersebut yang juga akan diperiksa sebagai tersangka.

Menurut Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah, menyebutkan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap Sonny Firdaus dipandang memenuhi Pasal 21 KUHAP, maka dilakukan penahanan. Dengan memakai jaket oranye tahanan KPK, Sonny digiring petugas untuk menjalani penahanan selama 20 hari ke depan di Rutan Kelas 1 Jakarta Timur Cabang KPK.

“Sedangkan untuk dua tersangka lain yang tidak hadir, akan dilakukan pemanggilan berikut untuk jadwal pemeriksaan 9 Juli 2018. Kami ingatkan agar para tersangka kooperatif dan memenuhi kewajiban hukum untuk hadiri panggilan KPK,” tegas Febri.

Sehari sebelumnya, KPK juga telah manahan Rijal Sirait, Rooslynda Marpaung dan Rinawati Sianturi terkait kasus yang sama.

Seperti diketahui, sebanyak 38 orang anggota dan mantan anggota DPRD Sumut ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penetapan APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2012-2013 oleh mantan Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho.

Penetapan status tersangka diketahui dari surat pemberitahuan bernomor B/227/DIK.00/23/03/2018 yang ditujukan KPK kepada Ketua DPRD Sumatera Utara, Wagirin Arman tertanggal 29 Maret 2018. (wol/data2)

Editor : RIDIN

Check Also

KPK Geledah Pendopo dan Kantor Bupati Labuhanbatu

  JAKARTA – Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan rangkaian penggeledahan di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: