_
Home / Sumut / Oknum Bea Cukai Terlibat Penyelundupan
foto: Waspada

Oknum Bea Cukai Terlibat Penyelundupan

TANJUNGBALAI, WOL – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Teluknibung mengakui Desa Baganasahan menjadi pintu masuk penyelundupan barang-barang terlarang dari Malaysia.

Bahkan, kegiatan ilegal itu terindikasi melibatkan oknum aparat Bea dan Cukai Teluknibung bekerja sama dengan pelaku yang telah dikantongi identitasnya. Kenekatan oknum petugas itu telah mendapat reaksi keras dari Kepala KPPBC TMP C Teluknibung, Fuad Fauzy.

“Ya kita sudah banyak mendengar laporan adanya keterlibatan oknum BC di Baganasahan. Identitas pengusahanya juga sudah kita ketahui yakni berinisial DTM SF alias F. Namun untuk melakukan penindakan masih dibutuhkan bukti,” kata Kasi P2, M Firdaus, baru-baru ini.

Menurut Firdaus, Kepala Kantor beberapa waktu lalu menegaskan akan memindahkan anggota yang terlibat dalam penyelundupan dengan tempat penugasan sejauh-jauhnya. Bahkan, Kepala Kantor tidak akan mempertimbangkan meski satu hari lagi oknum tersebut akan pensiun.

“Kepala Kantor telah memberi peringatan keras kepada anggota agar tidak terlibat penyelundupan. Bila terbukti maka akan dimutasi ke daerah terjauh sesuai keinginan Kepala Kantor,” ujarnya

Informasi diperoleh di Desa Baganasahan, puluhan kapal penyelundup mengangkut berbagai barang terlarang masuk melalui sungai-sungai kecil. Bahkan mafia tidak segan-segan menggunakan dermaga pelabuhan resmi Panton Bagan Asahan untuk menurunkan barangnya.

Hal ini menjadi lokasi yang aman karena sampai saat ini pelabuhan Panton Bagan Asahan belum juga difungsikan sehingga tidak ada pengawasan optimal dari petugas.

“Bukan rahasia lagi kalau DTM SF ini selalu lolos. Kalau yang lain, kebanyakan tertangkap,” kata seorang sumber di Baganasahan.(wol/aa/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Poldasu Gagalkan Penyelundupan 25 WNI ke Malaysia

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Subdit IV/Renakta Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, menggagalkan upaya penyelundupan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.