_
Home / Sumut / Nawal Harapkan Ubah Paradigma Masyarakat Terhadap Sampah
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Nawal Harapkan Ubah Paradigma Masyarakat Terhadap Sampah

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) memiliki perhatian serius terhadap permasalahan sampah. Karena itu, Pemprovsu sangat mendukung seluruh upaya penanganan sampah yang dilakukan masyarakat, instansi, dan lainnya.

Seperti Bank Sampah Nusa-3 Hijau yang diresmikan di Kantor Direksi PTPN III Jalan Sei Batang Hari Medan, Selasa (20/8). Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumut, Nawal Edy Rahmayadi, sangat mengapresiasi dan mendukung, apalagi kehadiran Bank Sampah diharapkan mengubah paradigma masyarakat terhadap sampah.

“Bank Sampah adalah sistem pengelolaan sampah secara kolektif yang mendorong partisipasi aktif masyarakat. Berawal dari partisipasi aktif ini, semoga nantinya juga meningkat pada perubahan paradigma masyarakat mengenai sampah. Jika sampah dikelola dengan baik, bisa juga menjadi produk bernilai ekonomis,” ujar Nawal.

Kehadiran Bank Sampah, kata Nawal, juga diharapkan hadir bersamaan dengan aktivitas edukasi kesadaran dan pelatihan keterampilan untuk mengelola sampah. Sehingga, nantinya dapat menambah penghasilan bagi masyarakat dan membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Tanpa edukasi, sia-sia usaha kita. Pengelolaan sampah harus dimulai dari sumbernya, dari rumah kita. Para ibu, kita ajarkan anak-anak kita. Terapkan prinsip 4R yakni Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace di rumah masing-masing,” ucapnya.

Nawal juga memaparkan, terkait penanganan sampah, beberapa langkah sudah dilakukan Pemprov Sumut melalui Dinas Lingkungan Hidup, yakni membangun Pusat Daur Ulang (PDU) sampah di Desa Ujung Bandar, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.

Telah dilakukan pula penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) dengan HGNS inc dalam rangka kerja sama pengelolaan sampah di Kota Medan, Binjai, Deliserdang (Mebidangro), dan sekitarnya.

“Masih banyak lagi yang sudah dilakukan, termasuk normalisasi sungai. Sungai-sungai dibersihkan dari sampah, ini juga merupakan bagian dari upaya mewujudkan program Medan Menuju Bebas Banjir 2022,” tutur Nawal.

Suhendri selaku Senior Excecutive Vice President (SEVP) Koordinator PTPN III menyampaikan bahwa Bank Sampah ini merupakan ide kreatif dari Deicy Dolly Pulungan selaku Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Istri (IKBI) PTPN III dan keterlibatan manajemen PTPN III. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Pemprovsu Dukung Afiza Hisqia di FLS2N

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mendukung siswa berprestasi yang akan mewakili Sumut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.