_
Home / Sumut / Nawal Berharap Kesadaran Masyarakat Bertambah
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Nawal Berharap Kesadaran Masyarakat Bertambah

MEDAN, Waspada.co.id – Menyambut dan menyemarakkan Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Dinas Kesehatan Sumut menggelar Gebyar Bakti Sosial Kesehatan PKK KB dan Pendidikan di Kampung KB, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, Kamis (15/8).

Gebyar Bakti Sosial Kesehatan dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi di Aula Kantor Lurah Bantan. Dalam sambutannya, Nawal berharap bakti sosial kesehatan yang terlaksana dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan diri sendiri dan keluarga.

“Tanpa masyarakat yang sehat, sulit mewujudkan pembangunan dan kemajuan Sumut. Pembangunan itu dimulai dengan membentuk keluarga yang berkualitas dalam hal pendidikan, sehat jasmani dan rohani, dan sejahtera ekonomi. Semoga rangkaian ini memberikan kesadaran melalui edukasi dan sosialisasi dari layanan yang tersedia,” ucapnya.

Adapun tujuan lainnya adalah menstimulasi dan menginspirasi jajaran OPD dan Pemerintahan di Sumut untuk mengkreasikan kegiatan nyata di masyarakat dan mampu merefleksikan tema dari HUT ke-74 RI yakni “Menuju Indonesia Unggul” sesuai bidang masing-masing.

“Semoga rangkaian acara yang terlaksana bisa berjalan lancar dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat Medan Tembung. Kemudian, acara ini memberi inspirasi bagi banyak orang dan bisa terselenggara berkelanjutan,” harap Nawal didampingi Ketua TP PKK Medan, Rita Maharani.

Usai pembukaan, Nawal meninjau pelaksanaan layanan yang terselenggara pada Gebyar Bakti Sosial Kesehatan PKK. Sembari meninjau, dirinya pun beramah-tamah dengan para petugas dan masyarakat. Sesekali, Nawal memberikan imbauan dan penegasan terkait pentingnya menjaga kesehatan. Salah satunya, masalah TBC yang saat ini banyak diderita masyarakat Sumut.

“Tolong bagi warga yang mengidap TBC, melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara teratur. Tidak boleh berhenti satu hari pun, karena akan memperlambat dan memperpanjang proses penyembuhan,” tegasnya.

Kadis Kesehatan Provinsi Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan, menjelaskan bahwa rangkaian Gebyar Bakti Sosial Kesehatan PKK digelar di Kantor Lurah Kampung KB Bantan dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 12 Medan Tembung.

Rangkaian kegiatan di Gedung Kantor Lurah, kata Alwi, yakni pengobatan massal gratis, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan Inspeksi Visual Asam (IVA), pemeriksaan paru, konseling dan pelayanan KB serta pembagian screen anti nyamuk. D

Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 12, dilaksanakan kampanye cuci tangan pakai sabun, kampanye sikat gigi sehat dan benar, pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kaca mata bagi siswa yang membutuhkan, pembagian paket sikat gigi, pembagian bahan promosi kesehatan sekolah, dan pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah. (wol/aa/data2)

适适

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Kurangi Makan Nasi Putih Tak Cegah Diabetes jika Masih Doyan Konsumsi Ini

Banyak orang yang menjatuhkan pilihan untuk mengurangi makan nasi putih demi keberhasilan dietnya. Hal ini ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.