Home / Sumut / MMC dan Kementerian Perdagangan Bantu Warga Miskin
foto: Istimewa

MMC dan Kementerian Perdagangan Bantu Warga Miskin

PARAPAT, WOL – Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Martin Manurung Center dan sejumlah perusahaan menggelar pasar murah di seputaran Danau Toba.

Kegiatan tersebut digelar bertujuan untuk meringankan beban masyarakat  kurang mampu merayakan Natal dan Tahun Baru 2018.

Dewan Pembina MMC, Martin Manurung, mengatakan kegiatan pasar murah ini digelar untuk membantu masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru agar mendapat bahan pokok dengan harga yang murah.

“Biasanya kan jelang Natal dan Tahun Baru harga bahan pokok naik. Jadi, pasar murah ini dilakukan untuk menjaga kestabilan harga bahan pokok di pasaran. Dalam kegiatan itu, MMC sifatnya membantu Kementrian Perdagangan menyalurkan bahan pokok yang merupakan program pemerintah ke masyarakat yang benar-benar membutuhkan, jadi tepat sasaran,” ungkapnya, Selasa (26/12).

Martin menuturkan diadakannya pasar murah oleh Kementrian Perdagangan itu, saudara-saudara atau masyarakat yang kurang mampu bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga yang sangat murah.

Selain itu, pasar murah tersebut tak hanya digelar bertepatan pada perayaan Natal dan Tahun Baru saja. Tetapi juga digelar dihari besar keagamaan lain seperti saat lebaran. “Sebelumnya Kemendag juga menggelar hal serupa saat Ramadan yang juga bekerjasama dengan MMC,” tuturnya.

Dalam pasar murah tersebut, disetiap kabupaten dam kota, Kemendag menyalurkan 1000 paket bahan pokok yang terdiri dari, 3 kg beras; 2 kg minyak makan; 2 kg gula pasir; 2 kg tepung dan 1 botol sirup markisa yang dijual seharga Rp 50 ribu.

“Normalnya paket tersebut seharga Rp 100 ribu. Untuk membeli paketnya masyarakat harus menukarkan kupon yang diberikan oleh pihak panitia,” ujar Martin.

Martin menjelaskan hasil penjualan di pasar murah tersebut nantinya akan disumbangkan oleh Kemendag ke gereja yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan pasar murah tersebut. Dan ke depannya, pasar murah seperti ini akan terus dilakukan terutama menjelang perayaan keagamaan.

“Pasar Murah tersebut di mulai pada tanggal 16 Desember 2017 di lokasi Kota Tarutung,” jelasnya.

Pengurus MMC Taput Rezeki Hutabarat mengatakan, di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) pasar murah digelar di empat tempat.

“Kita gelar secara serentak di Gereja HKI Siparendean Resot Sipahutar l Desa Sabungan Nihuta II Kecamatan Sipahutar sebanyak 300 paket, HKBP Dolok Saribu Kecamatan Pagaran sebanyak 300 paket dan GKPI Pansur Na Tolu Desa Pansur Na Tolu Kecamatan Pangaribuan sebanyak 400 paket,” pungkasnya. (wol/lvz)

Editor: Agus Utama

Check Also

Pertamina dan PGN MOU CSPA Integrasi Pertagas

MEDAN, Waspada.co.id – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) hari ini mengumumkan integrasi PT Pertamina ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: