_
Home / Sumut / Menkumham Pimpin Rapat Persiapan Sail Nias
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Menkumham Pimpin Rapat Persiapan Sail Nias

MEDAN, Waspada.co.id – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly, memimpin Rapat Persiapan Sail Nias 2019 di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Sabtu (24/8).

Persiapan teknis dan non teknis dibahas guna mematangkan persiapan menyambut event yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 7-15 September mendatang. Pertemuan tersebut dihadiri Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Sekdaprovsu Sabrina, dan jajaran terkait di lingkungan Pemprovsu.

Yasonna, selaku Ketua Panitia Nasional Sail Nias, mengatakan secara keseluruhan siap menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Namun, masih ada beberapa hal teknis yang perlu dirampungkan.  Bahkan setelah ini, akan ada rapat mematangkan kesiapan lagi diikuti Kemenko Maritim pada 2 September mendatang.

“Semoga ini mendorong pariwisata yang menghasilkan devisa untuk Nias dan daerah lain,” ujar Yasonna.

Dirinya juga menyinggung tentang target kunjungan wisatawan yang mencapai 10 ribu orang. Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang akan digelar, di antaranya selancar, festival layang-layang, bola voli pantai, lari marathon 10 km, parade kapal nelayan, tali kolosal, dan lainnya. Selain itu, ada tur diplomatik untuk wisatawan dan tamu negara lain.

Gubsu menyampaikan kepada seluruh peserta rapat bahwa Nias sangat potensial mengundang wisatawan mancanegara (wisman). Apalagi dirinya mengaku sudah berkeliling di daerah kepulauan tersebut, bahkan sebelum menjadi gubernur.

“Jadi, keterbatasan di Nias itu menjadi tanggung jawab kita. Kepada dinas terkait, Anda harus segera berangkat ke sana. Pastikan semua siap, jangan pakai teori. Kita atur semua bersih dan tertata. Alamnya indah dan untuk pesta sebesar ini, kita harus pastikan siap,” seru Edy.

Untuk pengamanan, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah menyampaikan apresiasi atas perhatian Presiden RI yang direncanakan menghadiri Sail Nias 2019. Namun pihaknya berharap, keamanan yang disiapkan mendapat dukungan dari masyarakat. Yang paling penting adalah menjadi tuan rumah yang baik.

“Begitu juga media massa, kita harapkan mendukung penuh acara datang ke Nias. Tanpa publikasi yang luar biasa, tentu hasilnya kurang maksimal. Jadi ini kehormatan bagi kita,” singkatnya.

Masih terkait persiapan, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli menyampaikan pihaknya telah menyiapkan penataan kawasan khususnya di sepanjang jalur yang akan dilalui mulai dari Bandara Binaka menuju lokasi acara untuk mendukung kelancaran kedatangan Presiden dan pengunjung. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Polisi Kantongi Identitas “Pemain” Uang Rp1,6 M Milik Pemprovsu

MEDAN, Waspada.co.id – Misteri hilangnya uang senilai Rp1,6 miliar di Parkiran Kantor Gubernur Sumatera Utara, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.