_
Home / Komunitas / Melalui WFP, Cargill Alokasikan 500 Ribu Dolar AS Untuk ProGAS
WOL Photo/Ega Ibra

Melalui WFP, Cargill Alokasikan 500 Ribu Dolar AS Untuk ProGAS

MEDAN, Waspada.co.id – Cargill Indonesia kembali memberikan bantuan sebesar 500 ribu dolar AS (sekira Rp7 miliar) sebagai dukungan peningkatan Program Gizi Anak Sekolah (ProGAS) di Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui World Food Programme (WFP).

Kontribusi dari Cargill ini akan membantu WFP dalam memberikan bantuan teknis dan dukungan pembangunan kapasitas kepada ProGAS. Komitmen ini juga mencerminkan kegembiraan Cargill atas hasil positif yang ditunjukkan oleh siswa SD dalam ProGas 2017 lalu.

Direktur Kasi Sarana Prasarana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Gesit Mulyawan, mengatakan akses memperoleh sarapan sehat dan bergizi sangat penting bagi kesehatan dan kapasitas kognitif siswa dasar. Gizi buruk juga menjadi penyebab masalah kesehatan anak-anak seperti stunting yang mencapai 30,7 persen di Indonesia.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meningkatkan cakupan ProGAS di 39 kabupaten pada tahun 2019. Kami mendukung sepenuhnya inisiatif Cargill bersama WFP memperluas program ke daerah dan sekolah lain,” tegasnya dalam acara pencanangan ProGas di SD Negeri 102451, Jalan Pantai Labu, Karang Anyer, Deliserdang, Selasa (12/3).

Dikatakan, ProGAS yang diperkenalkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan didukung secara teknis oleh WFP bertujuan untuk menciptakan program makanan sekolah rumahan untuk mengatasi masalah gizi dan kebersihan yang lazim ditemukan di kalangan siswa SD dari keluarga kurang mampu.

Corporate Responsibility Lead Cargill Indonesia, Agung Baskoro, menyatakan pihaknya sangat termotivasi dengan hasil menggembirakan dari Implementasi ProGAS dengan WFP pada periode sebelumnya dan percaya bahwa dalam jangka panjang, ProGAS dapat terus berkontribusi secara positif untuk meningkatkan gizi, kesehatan, dan kapasitas anak-anak Indonesia.

“Komimen kami untuk ProGAS sangat selaras misi Cargill memberi gizi pada dunia serta membangun rantai pasokan berkelanjutan yang melibatkan masyarakat lokal. Sebagai bagian dari keterlibatan kami dalam ProGAS 2019-2020, Cargill juga akan memperluas cakupan implementasi di beberapa lokasi tambahan sekitar area operasional kami di seluruh negeri,” ujarnya.

Anthea Webb, WFP Representative Indonesia, mengatakan WFP mengapresiasi dukungan Cargill terhadap visi misi WFP memperluas cakupan ProGAS. Diharapkan kerja sama akan membantu siswa lebih sehat, pintar, dan kuat.

Selain menyediakan sarapan yang seimbang dan bergizi untuk anak SD, ProGAS juga menciptakan peluang bagi penduduk lokal untuk memperoleh pemasukan tambahan. Lalu, penduduk lokal dapat memperoleh penghasilan hingga Rp2 juta setiap bulan dengan menjadi anggota ProGAS. (wol/at/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ini Alasan Nias Selatan Jadi Tempat Pembukaan Sail Nias 2019

NIAS SELATAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, memimpin rapat dengan jajaran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: