_
Home / Sumut / Masyarakat Karo Minta Penyuluhan Pertanian Atasi Debu Vulkanik
WOL Photo

Masyarakat Karo Minta Penyuluhan Pertanian Atasi Debu Vulkanik

MEDAN, WOL – Masyarakat Kabupaten Karo mengharapkan pemerintah untuk mengadakan penyuluhan pertanian untuk mengatasi dampak erupsi Gunung Sinabung yang merusak lahan pertanian di daerah tersebut.

Melalui penyuluhan itu, diharapkan masalah-masalah teknis untuk mengatasi dampak abu vulkanik terhadap kondisi tanah, hasil tanaman, dan buah petani dapat diselesaikan.

Ketua Tim Reses DPRD Sumatera Utara dari daerah pemilihan Sumut XI (Kabupaten Karo, Dairi, dan Pakpak.  Bharat) Sudarto Sitepu, Rabu (19/8), mengatakan bahwa dari hasil kegiatan reses yang dilakukan, ketiga kabupaten tersebut memiliki potensi yang sangat besar untuk peternakan.

“Lahan yang mereka miliki untuk peternakan di sana cukup luas. Maka dari itu, Pemprovsu diharapkan untuk memberikan bantuan pengadaan ternak kerbau sapi, ayam, dan bibit ikan mas,” katanya.

Selain itu, lanjut Sudarto, untuk mendukung potensi pertanian yang rusak akibat debu vulkanik, masyarakat juga membutuhkan bantuan bibit unggul pertanian seperti padi, jagung, dan juga buah seperti jeruk, tomat, dan cabai yang menjadi hasil pokok pertanian di Tanah Karo.

Oleh karena itu, pemerintah diharapkan memberikan bantuan tersebut untukmendukung peningkatan produksi dan pendapatan masyarakat yang umumnya berprofesi sebagai petani di daerah itu.

“Bantuan ini dimaksudkan untuk membantu perekonomian masyarakat Karo terutama yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung,” tuturnya.(wol/cza/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Fasilitas KNIA Tak Sesuai Fungsi, Kemana Petugas?

BERINGIN, Waspada.co.id – Kualanamu International Airport (KNIA) menjadi salah satu bandara yang cukup megah dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.