_
Home / Sumut / Masalah Over Kapasitas Rutan Bakal Jadi Bahasan
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Masalah Over Kapasitas Rutan Bakal Jadi Bahasan

MEDAN, Waspda.co.id – Wajah ratusan warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I A Medan tampak sumringah. Pasalnya, mereka menerima remisi (pengurangan masa hukuman), dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI, bahkan sebagian langsung bebas.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, menyerahkan SK remisi secara simbolis kepada perwakilan warga binaan pada upacara di Rutan Kelas 1 A Medan, Tanjung Gusta. Hadir di antaranya Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut Dewa Putu Gede, dan lainnya.

Edy berharap para warga binaan selama di Lapas dan Rutan mendapat pembinaan dengan baik, sehingga nantinya dapat bersosialisasi dengan masyarakat saat bebas. Karena itu, masalah over kapasitas yang terjadi di hampir seluruh lapas dan rutan di Sumut menjadi salah satu perhatian.

“Kita akan berkoordinasi dan pelajari. Karena tidak mungkin membina orang yang di luar kapasitas, agar tujuan pembinaan ini tercapai,” ujar Edy.

Mengatasi masalah over kapasitas tersebut, menurut Gubsu, memerlukan peran dari seluruh masyarakat. Dikatakan, over kapasitas juga tidak selamanya diselesaikan dengan membesarkan rutan atau lapas. Di Belanda, sudah banyak rumah tahanan ditutup sedangkan Sumut malah membesarkan rumah tahanan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumut, Dewa Putu Gede, menyampaikan ada 42 satker yang terdiri atas 39 lapas dan rutan, dua balai permasyarakatan di Medan dan Sibolga serta satu rumah penyimpanan barang sitaan (Rupbasan) Medan.

Tertanggal 16 Agustus 2019, penghuni lapas dan rutan sebanyak 34.439 orang yang berdaya tampung 12.785 orang. Dewa menyebutkan over kapasitas penghuni lapas dan rutan se-Sumut sekitar 269 persen. Dari 34.439 orang, narapidana pria 23.441 orang dan wanita 1.319.

Tahanan pria ada 9.174 orang, wanita 385 orang. Kakanwil juga menyampaikan dari 39 lapas dan rutan se Sumut, warga binaan yang mendapat remisi umum sebagian masa pengurangan pidana sebesar 1-6 bulan sebanyak 16.135 narapidana. Remisi umum seluruhnya 368 orang dan langsung bebas sebanyak 368 orang. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Edy: Pemuda Harus Bermental Konstruktif dan Cerdas

MEDAN, Waspada.co.id – Pemuda memilki peran penting dalam membangun bangsa. Bahkan, masa depan bangsa ada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.