Breaking News
Home / Sumut / Mahasiswa STIK-P Tambah Wawasan di ANECC
foto: WOL Photo/Ilham
foto: WOL Photo/Ilham

Mahasiswa STIK-P Tambah Wawasan di ANECC

MEDAN, WOL – Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC) yang terletak di Kota Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menjadi destinasi study tour mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” Medan (STIK-P), Senin (29/1) kemarin.

Adapun study tour tersebut digelar sebagai rangkaian nilai praktik Ujian Akhir Semester (UAS) bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Teknik Mencari dan Menulis Berita (TMMB), Jurnalistik TV dan Film serta Fotografi. Anak-anak dipandu langsung oleh Austin Tumengkol SSos MIKom dan Ramdeswati Pohan SSos MSP.

Setiba di lokasi, mahasiswa diberi tugas wawancara dan reportase lapangan. Setelah itu, sebagian menulis berita dan lainnya merekam video plus foto. Sempat menunggu lama, gajah dan mahout (pawang) patroli kawasan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli seperti biasa.

“Gajah-gajahnya sedang patroli. Sekira setengah jam lagi gajah akan kembali ke sini. Nantinya gajah akan dimandikan dan makan,” kata Hadi Pamujo, pelatih gajah di pintu masuk ANECC kepada Waspada Online.

“Siti Zubaidah, usianya 37 tahun, Ester Juwita 36 tahun, Vini Alvionita (betina) 30 tahun, dan Luis Vigo (jantan) 11 tahun,” ucap masing-masing pawang sembari menginstruksikan gajah menyambut uluran tangan mahasiswa STIK-P.

Selanjutnya, para mahout membawa gajah ke kolam untuk dimandikan. Rindu pengunjung, tak pelak sesekali Ester, Vini, dan Vigo iseng serta bercanda dengan audiens sembari menyemprotkan air melalui belalai panjangnya. Mahasiswa pun dibolehkan ikut memandikan keempat gajah.

Sobirin, pimpinan mahout, mengatakan tujuan utama ANECC sebagai pengembangan dan pelestarian gajah. Selain itu, menjadi Destinasi Baru Wisata Satwa di Kawasan Strategis Nasional Danua Toba yang sudah go international.

“Mudah-mudah gajah kita cepat berkembang biak karena konsep kita seperti itu dan untuk pelestarian. Selain itu, wisatawan yang ingin ke Danau Toba maupun pulang nanti bisa singgah ke sini,” ujarnya menambahkan keempat gajah didatangkan dari Taman Wisata Alam Holiday Resort Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Austin Tumengkol, juga Pembantu Ketua 1 STIK-P dan dosen TMMB, mengungkapkan pihaknya sengaja mengajak mahasiswa tur ke luar kota sebagai rekreasi sekaligus ujian praktik. Sambil rekreasi, mahasiswa juga menambah wawasan. STIK-P memang lebih banyak berorientasi kepada praktik daripada teori, agar mahasiswa siap pakai di lapangan nantinya.

Selain ANECC, mahasiswa sempat berkunjung ke kebun teh Sidamanik dan tempat pemandian alam Aek Manik. (wol/iam/data1)

Editor: M AGUS UTAMA

Check Also

WOL Photo/Ega Ibra

Ketua STIK-P: Kita Harus Wujudkan Cita-cita Pendiri

MEDAN, Waspada.co.id – Perayaan Dies Natalis Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan berlangsung sederhana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.