Home / Sumut / LSM Peka Akan Surati Pemprovsu Adanya Dugaan Konspirasi Pengesahan APBD Langkat 2019
WOL Photo

LSM Peka Akan Surati Pemprovsu Adanya Dugaan Konspirasi Pengesahan APBD Langkat 2019

LANGKAT, Waspada.co.id – LSM Perjuangan Keadilan (Peka) Sumatera Utara akan melayangkan surat kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara khususnya BPKAD untuk lebih hati-hati dan lebih serius dalam hal mengevaluasi APBD Kabupaten Langkat Tahun Anggaran 2019.

Pasalnya, dalam penyusunan anggaran diduga ada konspirasi antara TAPD, Kepala Daerah dan DPRD untuk memuluskan pengesahan APBD Kabupaten Langkat yang telah menyalahi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) dalam hal Proses jadwal dan tahap penyusunan APBD tersebut.

“Kami menilai seperti ada kesan yang dipaksakan agar APBD Kabupaten Langkat Tahun Anggaran 2019 tersebut sesegera mungkin untuk disahkan melalui Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Langkat pada tanggal 31 Oktober 2018 yang lalu dihadiri 3 pimpinan dan 29 Anggota DPRD Kabupaten Langkat,” ungkap Raja Ngapin Milala selaku Koordinator Wilayah LSM Perjuangan Keadilan Provinsi Sumatera Utara, Jumat (9/11).

Padahal, menurut Ngapin, rancangan KUA/PPAS saja baru masuk dan disetujui bersama antara Kepala Daerah dan DPRD Kabupaten Langkat tanggal 8 Oktober 2018.

“Ini jelas-jelas sudah sangat terlambat masuknya dari jadwal yang seharusnya penyampaian dari Kepala Daerah kepada DPRD pada minggu ke II bulan Juli sesuai Peraturan Dalam Negeri (Permendagri),” tuturnya.

Ngapin mengungkapkan bahwa dalam proses pembahasan sampai dengan pengesahan APBD ini diduga adanya konspirasi yang kemungkinan mengarah kepada KKN.

“Secara prosedur saja sudah menyalahi proses apalagi untuk membahas buku yang mencakup anggaran Kabupaten Langkat untuk tahun anggaran 2019 yang tebalnya lebih dari 2 rim kertas apa mungkin bisa dibahas hanya dalam waktu 1 minggu saja?” ungkapnya mengakhiri.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Soal Pungli, Sikap Pemkab dan Polres Langkat Membingungkan

LANGKAT, WOL – Instruksi pemberantasan praktik pungutan liar (Pungli) yang telah digaungkan Presiden RI dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: