Home / Sumut / Layanan Satu Pintu, Permudah Masyarakat Peroleh Sambungan Listrik
Istimewa
Istimewa

Layanan Satu Pintu, Permudah Masyarakat Peroleh Sambungan Listrik

MEDAN, WOL– PLN terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya untuk layanan pasang baru dan perubahan daya kepada pelanggan dan calon pelanggan daya 100 – 200 kVa tarif bisnis dan industri akan memperoleh kemudahan melalui layanan satu pintu.

Layanan Satu Pintu (LSP) merupakan layanan 1 (satu) nomor kode booking untuk layanan pasang baru dan perubahan daya dengan kepengurusan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Mengacu pada Peraturan Menteri ESDM No 27 Tahun 2017, dimana untuk mendapat SLO akan dikenakan Biaya SLO dan dapat dibayarkan bersamaan dengan biaya penyambungan kepada PLN melalui Layanan Satu Pintu atau dapat dibayarkan secara langsung kepada LIT.

“Masyarakat banyak yang mengira bahwa dengan melakukan permohonan pasang baru ke PLN, maka listrik ke rumah-nya (pelanggan) akan langsung tersambung. Memang akan cepat tersambung jika pelanggan telah memastikan instalasi listrik dibangunannya sudah terpasang dan siap untuk dialiri tegangan listrik” tutur Manajer Bidang Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Wilayah Sumatera Utara, Isdenta Sinurat, Kamis (29/3).

Untuk memastikan instalasi rumah pelanggan siap untuk dialiri tegangan listrik adalah dengan diterbitkannya SLO oleh LIT yang telah melakukan pengecekan sebelumnya kerumah pelanggan. Penerbitan SLO berada di luar tanggungjawab PLN, melainkan diterbitkan oleh LIT.

“Sebelumnya, jika masyarakat melakukan permohonan pasang baru, maka PLN akan meminta kelengkapan berkas salah satunya adalah SLO yang harus diurus oleh calon pelanggan. Dengan adanya LSP, pelanggan maupun calon pelanggan akan dimudahkan dengan layanan 1 (satu) paket layanan pasang baru termasuk dengan kepengurusan SLO bagi calon pelanggan/pelanggan yang belum memiliki SLO.’ katanya.

Layanan Satu Pintu memberikan fleksibilitas, kemudahan dan transparansi pada saat pelanggan bermohon dengan adanya pilihan untuk memilih paket dengan SLO dan tanpa SLO (bila calon pelanggan/pelanggan ingin mengurus sendiri).

“Bagi pelanggan maupun calon pelanggan daya 100 – 200 KVA tarif Bisnis dan Industri kemudahan Layanan Satu Pintu sudah dapat dinikmati pada bulan Maret 2018 dan bagi calon pelanggan dan pelanggan mulai dari daya 450 VA – 200 KVA juga akan segera menikmati layanan satu pintu pada tahun 2018 ini,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: RIDIN

Check Also

WOL Photo

BPS Sumut Survey Penyusunan Disagregasi PMTB

MEDAN, WOL – Badan Pusat Statistik (BPS) Wilayah Sumatera Utara mulai Survey Penyusunan Disagregasi PMTB ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.