Breaking News
Home / Sumut / Langkat Butuh Perda KTR
Istimewa
Istimewa

Langkat Butuh Perda KTR

LANGKAT, WOL – Forum Peduli Kesehatan Masyarakat (FPKM ) Kabupaten Langkat, mendesak DPRD Kabupaten Langkat untuk mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) mengenai Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Pasalnya banyak ibu hamil terindikasi sakit yang disebabkan asap rokok.

Padahal, menurut UU Kesehatan No.36/2009 sudah jelas mengatur tentang Kawasan Tanpa Rokok, serta diperkuat lagi dengan terbitnya PP No.19/2003 tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan.

Ketua FPKM Kabupaten Langkat, Soerkani SE, menyebutkan bahwa pemerintah daerah wajib melindungi masyarakatnya agar bisa terhindar dari bahaya asap rokok.

“Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” sebutnya, Kamis (21/9).

Ditambahkan, akibat paparan asap rokok bagi ibu hamil, merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Tak hanya bagi si perokok aktif, tetapi juga perokok pasif atau orang-orang yang ada di sekitarnya.

“Merokok dapat memberikan efek merugikan pada setiap individu yang tidak merokok, termasuk janin yang masih ada dalam kandungan. Paparan asap rokok terus-menerus dan berkepanjangan oleh ibu hamil akan mengakibatkan banyak masalah kesehatan terkait untuk janin,” imbuhnya.

Oleh karena itu, perempuan berbadan dua sebaiknya menghindari rokok, termasuk asap rokok dari orang lain. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa ibu hamil perokok pasif juga dapat membahayakan bayi dalam kandungan.

Dalam mendukung terwujudnya Ranperda ini, FPKM Kabupaten Langkat akan melakukan hearing dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat, DPRD Langkat, LSM, Ormas Muhammadiyah, Al wasliyah serta stakeholder lainnya dalam upaya menggolkan Ranperda Kawasan Tanpa Rokok ini. Sehingga pada tahun 2018 Ranperda ini bisa hadir di Kabupaten Langkat.

“Selain Kawasan Tanpa Rokok, pemerintah juga membatasi iklan rokok yang bertebaran di tempat-tempat umum, bahkan televisi dan media massa. Prinsipnya ini harus dibatasi demi kesehatan masyarakat Langkat dalam mencapai sustanable millenium,” pungkasnya.(wol/mrz)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

AP

Israel Serang Kelompok Hamas Gaza

GAZA, WOL – Israel melancarkan serangkaian serangan udara dengan target kelompok Hamas di Gaza pada ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.