Home / Sumut / Kurban di Lingkungan Pemprovsu, Pj Gubsu: Kurban Wujud Ketaqwaan Kita
WOL Photo

Kurban di Lingkungan Pemprovsu, Pj Gubsu: Kurban Wujud Ketaqwaan Kita

MEDAN, Waspada.co.id – Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Eko Subowo menyerahkan sapi dari Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo kepada panitia kurban di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu). Penyerahan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Normor 30 Medan, Rabu (22/8).

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubsu Eko Subowo mengatakan kurban merupakan bagian dari ibadah. “Selain itu, juga kurban merupakan wujud ketaqwaan kita kepada Allah SWT, karena kita telah diperintahkan demikian,” katanya.

Kurban menurut Eko, juga berarti wujud kepedulian kepada sesama. “Dengan kurban ini, diharapkan kita dapat meningkatkan amal baik kepada sesama manusia,” katanya.

Kurban tidak hanya sekadar seremonial belaka. Ibadah ini merupakan bentuk pengorbanan yang tulus dan ikhlas dari seseorang. “Ibadah kurban merupakan ibadah yang menunjukan ketaatan murni kepada Allah SWT,” ujar Eko.

Tradisi kurban juga merupakan tradisi umat Islam. “Hal yang baik ini menjadi tradisi dan kebiasaan yang melekat di dalam jiwa umat Islam, sejalan dengan itu, kita perlu melaksanakannya dengan penuh sukacita dan ikhlas,” katanya.

Eko berharap, daging kurban agar dapat segera dibagikan kepada para mustahiq atau yang berhak mendapatkannya. “Semoga dengan begitu, semua orang bisa merayakan hari raya ini dengan penuh sukacita,” katanya.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir H R Sabrina MSi mengatakan Idul Adha ini momen meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. “Setelah tadi kita melakukan sholat ied, kita melanjutkan ibadah kurban, itu adalah lambang ketaqwaan kita,” ujarnya.

Sekdaprovsu mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera Utara untuk terus berkurban. “Mari kita terus berkurban, berkorban untuk bangsa, negara, dan agama, semoga Allah SWT menerima segala amal kebaikan kita,” pungkasnya.

Tahun ini ada 25 organisasi perangkat daerah serta BUMD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang berkurban. Hewan kurban yang disembelih sebanyak 33 ekor sapi, salah satunya bantuan dari Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo.

Daging kurban disalurkan kepada masyarakat sekitar kantor Gubernur Sumatera Utara, insan pers kantor gubsu, pegawai honor Pemprovsu, serta aparatur sipil negara dan OPD peserta kurban. Adapun kupon yang akan dibagikan sebanyak 1900 orang. Pengambilan daging dimulai pukul 14.30 wib sampai 17.30 wib.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan Kesehatan Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat Asren Nasution, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mulyadi Simatupang, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset H Agus Tripriyono dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Ir H Irman MSi, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus dan Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Muhamad Hasrimy.(wol/data1)
Editor: RIDIN

Check Also

Partisipasi Masyarakat Sumut Kunci Wujudkan Kesejahteraan Perempuan dan Anak

MEDAN, Waspada.co.id – Partisipasi masyarakat Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu kunci penting untuk mewujudkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: