_
Home / Sumut / KTP Seumur Hidup Disosialisasikan
Ilustrasi (WOL Photo)

KTP Seumur Hidup Disosialisasikan

SIMALUNGUN, WOL – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kabupaten Simalungun menyosialisasikan perubahan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 menjadi UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Administrasi Kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Simalungun Ikuten Ginting mengatakan, perubahan itu diantaranya pemberlakuan KTP elektronik untuk seumur hidup yang sebelumnya hanya sampai tahun 2017.

Dengan pemberlakuan KTP seumur hidup itu, masyarakat tidak perlu repot lagi mengurus perpanjangan identitas kependudukan ke kantor pemerintahan. Untuk penyebaran perubahan tersebut, Disdukcapil Simalungun mengadakan sosialisasi di 31 kecamatan di daerah itu secara bergiliran.

Selain pemberitahuan perubahan, Disdukcapil Sumut juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak keliru membuat data diri dalam KTP, Kartu Keluarga, akte lahir, dan akte nikah. “Jika ada yang salah segera lakukan perbaikan ” katanya kepada wartawan, Senin (6/7).

Kepala Bidang Informasi Kependudukan Disdukcapil Simalungun Osnidar Marpaung mengatakan, kesalahan penulisan identitas satu huruf saja bisa mempersulit urusan masyarakat, termasuk dalam melamar pekerjaan, seperti menjadi PNS, TNI, atau Polri.

Mahardhika (27) warga Nagori Purbasari, Kecamatan Tapian Dolok, mengatakan kebijakan pemerintah itu membantu masyarakat berurusan dengan birokrasi yang dinilai merumitkan.

“Bagus itu, jadi kita hanya sekali saja berurusan ke kantor kepala desa, camat, dan dinas yang terkait,” kata karyawan perusahaan swasta ini.(wol/ant/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Gencar Tolak Listrik Bersih, Walhi Harus Jelaskan Sumber Dana

BATANG TORU, Waspada.co.id – Walhi menuntut transparansi pelaksanaan pembangunan proyek PLTA Batang Toru di Tapanuli ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.