Home / Sumut / KPU Tetapkan Edy-Ijeck jadi Gubsu dan Wagubsu 25 Juli 2018
WOL Photo

KPU Tetapkan Edy-Ijeck jadi Gubsu dan Wagubsu 25 Juli 2018

MEDAN, Waspada.co.id – Teka teki ada tidaknya gugatan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor dua ( Djarot Syaiful Hidayat – Sihar P Sitorus terjawab tuntas setelah lewat masa tiga hari pasca pengumuman hasil perhitungan rekapitulasi di Hotel Polonia Medan yakni pada hari Minggu 8 Juli lalu.

“Kita sudah dapat memastikan, bahwa setelah melewati waktu tiga hari setelah diumumkannya hasil perhitungan rekapitulasi, maka penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut terpilih untuk masa jabatan 2018 – 2023 mendatang tinggal menunggu waktu,” ujar Komisioner KPU Sumut Iskandar Zulkarnain kepada Waspada Online Kamis ( 12/7).

Dikatakan Iskandar, sesuai surat edaran KPU RI, merujuk pada surat edaran dari Kemendagri menyebutkan bahwa syarat penetapan hasil Pilkada serentak 2018 harus melewati batas PHP.( Perselisihan Hasil Pemilih ).

“Jadi dalam hal ini Mahkamah Konstitus ( MK)i akan menyampaikan pemberitahuan ke KPU RI lewat buku registrasi perkara pada 23 Juli 218, untuk Pilkada serentak di Indonesia 2018.

Kalau memang ada gugatan di MK terkait hasil Pilgubsu,pasti sudah ketahuan dan kita pasti sudah diberitahukan, tapi meski sudah lewat tiga hari, tidak ada, karena itu kita yakin, hasil Pilgubsu tinggal menentukan waktu,” tegas Iskandar.

Iskandar meyakini, pada tanggal 24 Juli 2018 KPU Sumut akan menerima registrasi dari KPU RI, sehingga diperkirakan pada 24 atau.25 Juli 2018, KPU Sumut akan melakukan rapat pleno penetapan pemenang Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih pada Pilgub 27 Juni 2018 lalu.

Dipaparkan Iskandar, bila dalam buku teregistrasi MK itu dinyatakan ada gugatan perselisihan hasil Pilgub atau Pilkada maka penetapan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih belum bisa dilakukan, karena masih ada gugatan PHP ( Perselisihan Hasil Pemilih).

Kalau untuk Pilgub Sumut hampir dapat dipastikan tidak ada gugatan ke MK, jadi paling tanggal 24 atau 25 Juli hasil pemenang Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih di Sumut akan ditetapkan secara resmi oleh KPU Sumut,” katanya.(wol/data1)

Check Also

Peringati 1 Muharram, Ribuan Umat Islam Sumut Napak Tilas

MEDAN, Waspada.co.id – Peringati 1 Muharram 1440 Hijriyah, ribuan Umat Islam Sumatera Utara menapak tilas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: