Home / Sumut / KPU Sumut Tunggu Perbaikan Berkas Bacaleg, Terakhir Besok
WOL Photo

KPU Sumut Tunggu Perbaikan Berkas Bacaleg, Terakhir Besok

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) masih menunggu penyerahan berkas perbaikan syarat bakal calon anggota legislatif dari para partai pplitik sampai batas akhir penyerahan pada Selasa (31/7) besok.

Kabag Hukum dan Teknis KPU Sumut Maruli Pasaribu, mengatakan Partai Keadilan Sejahtera Sumatera Utara (PKS Sumut) menjadi partai politik pertama yang menyerahkan berkas perbaikan balon legislatif pada Minggu (29/7).

“PKS yang pertama menyerahkan berkas perbaikan bacaleg mereka. Sekitar pukul 08.30 WIB,” ujar Maruli Pasaribu kepada Waspada Online Senin (30/7).

Pihaknya menyebut, hasil perbaikan yang telah PKS sampaikan itu akan dicatat untuk selanjutnya nanti diteliti lebih seksama.

“Masalah kelengkapan tentu nanti ada masa penelitian. Di situ akan kita lakukan. “Pada pukul 16.00 WIB, baru PKS yang menyerahkan berkas perbaikan ke kita,” ungkapnya.

Maruli menambahkan untuk tahapan perbaikan berkas bacaleg ini berlangsung sampai Selasa (31/7).

Disamping itu pihaknya juga mengamini ada terdapat temuan data ganda bacaleg yang mendaftar pada parpol dan lokasi berbeda.

Menurutnya informasi itu diperoleh KPU Sumut dari KPU RI melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Ini yang akan kami teliti seksama sampai 31 Juli nanti. Khusus kegandaan data bacaleg itu, sudah kami informasi kepada parpol bersangkutan, agar dipastikan bahwa bacaleg dimaksud mendaftar dari yang mana.

Artinya dia harus memilih mau maju dari mana. Jangan sampai nanti menjadi TMS (Tidak Memenuhi Syarat),” katanya.

Parpol bersangkutan yang diketahui terdapat bacaleg ganda, sambung dia, perlu menjawab pemberitahuan yang sebelumnya KPU sampaikan.

Sehingga pada tahap perbaikan ini benar-benar clear mengenai status bacaleg yang sebelumnya didaftarkan parpol.
“Ya, wajib mereka jawab supaya clear,” pungkasnya.

Sekretaris PKS Sumut Abdul Rahim Siregar sebelumnya mengakui bahwa pihaknya sudah mengantarkan revisi pemberkasan bacaleg ke KPU Sumut. “Sudah, hari kemarin kami sudah antar ke KPU. Baru PKS yang pertama menyerahkan berkas perbaikan,” katanya.

Pihaknya optimis berkas perbaikan yang dilengkapi tersebut sudah sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang KPU sampaikan sebelumnya. “Insyaallah sudah. Kami berharap tidak ada lagi kekurangan,” katanya.

Seperti diketahui, sesuai tahapan Pemilihan Legislatif 2019, KPU masih menerima berkas perbaikan berkas bacaleg sampai 31 Juli besok. Sebelumnya KPU menyerahkan berkas perbaikan bacaleg kepada seluruh parpol peserta Pileg, paska diverifikasi secara manual dan melalui aplikasi Silon. (wol/data1)
Editor: RIDIN

Check Also

Wagub Harapkan Perbankan Syariah Berkembang di Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara, Musa Rajekshah, mengharapkan perbankan syariah semakin berkembang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: