Breaking News
Home / Sumut / KPU Instruksikan Terima Dokumen 9 Parpol
WOL Photo
WOL Photo

KPU Instruksikan Terima Dokumen 9 Parpol

MEDAN, WOL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut menginstruksikan kepada seluruh kabupaten/kota se-Sumut agar menerima dokumen persyaratan minimum partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 tingkat kabupaten/kota.

Hal ini sesuai surat KPU RI Nomor 170/2017 tertanggal 18 November 2017, terkait pelaksanaan putusan Bawaslu RI.
Demikian Komisioner KPU Sumut, Dr Iskandar Zulkarnain MSi, Senin (20/11).

“KPU kabupaten/kota se-Sumut diminta menerima berkas syarat minimum sembilan parpol calon peserta pemilu yang sebelumnya dinyatakan KPU RI tidak lengkap saat mendaftar pada 3-16 Oktober lalu. Penyerahan berkas ini, mulai dibuka pada 20 November mulai pukul 08.00-16.00WIB,” tukasnya.

sembari mengutarakan khusus untuk hari terakhir penyerahan paling lambat 22 November 2017. Dalam surat itu juga disampaikan, bagi KPU kabupaten/kota yang sebelumnya pernah menerima berkas syarat minimum dukungan dan masih tersimpan, diminta langsung melaksanakan penelitian berkas administrasi yang berlangsung mulai 21-30 November 2017.

“Jadi tidak perlu menunggu berkas dari KPU RI lagi,” tukasnya sembari menyampaikan sembilan parpol tersebut antara lain PKPI, Partai Bulan Bintang,  Partai Idaman, Partai Bhineka Indonesia, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Republik, Partai Rakyat, Partai Indonesia Kerja (PIKA) dan Partai Swara Rakyat Indonesia.

Setelah itu, diumumkan hasil penelitian berkas berupa fotocopy KTA/KTP elektronik atau surat keterangan parpol dan sambil mengembalikan berkas yang dinyatakan tidak memenuhi syarat itu, ke masing-masing parpol untuk diperbaiki. Ini disampaikan pada 30 November sampai 1 Desember 2017.

“Lalu, mulai 2 Desember sampai 15 Desember dilakukan perbaikan administrasi sembilan parpol itu,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Iskandar juga menyampaikan hasil penelitian berkas administrasi terhadap 14 parpol calon peserta Pemilu 2019, yang telah berlangsung mulai 17 Oktober sampai 15 November 2017 lalu, di mana berkasnya telah dikembalikan ke masing-masing parpol untuk diperbaiki.

Perbaikan ini berlangsung mulai 18 November sampai 1 Desember 2017. Kemudian, dalam tahapan penelitian administrasi ini, hanya Partai Golkar yang memenuhi syarat (ms) berkas syarat minimumnya di 33 kabupaten kota se-Sumut.

Disusul Partai Nasdem cuma satu kabupaten/kota tidak memenuhi syarat (tms), Perindo 4  tms, PDI-Perjuangan 10 tms, untuk PKS 10 kabupaten/kota tms sedangkan 7 kabupaten/kota tidak serahkan berkas, 16 kabupaten/kota memenuhi syarat (ms). Kemudian, Partai Gerindra 12  tms, PSI 13 kabupaten/kota tms, 7 kabupaten/kota kosong selebihnya ms, Partai Berkarya 16 kabupaten/kota tms, Partai Demokrat 17 tms, Partai Garuda 18 tms, Partai Hanura 19 tms, PAN 20 tms, PKB 23 tms dan PPP 24 tms, 3 kabupaten/kota kosong, selebihnya ms.

“Selama masa perbaikan administrasi berlangsung, partai terkait dipersilahkan memperbaiki berkas yang tms agar menjadi ms.

Sebab, berdasarkan peraturan syarat minimum berkas dukungan berupa KTA dan KTP elektronik atau suket minimal seribu atau seperseribu dari jumlah penduduk, harus lengkap minimal 75 persen dari 33 kabupaten/kota yang ada yakni 25 kabupaten/kota.(wol/rdn/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Ilham

Ratusan Polisi Jaga Ketat Aksi di Konjen AS

MEDAN, WOL – Ratusan polisi dari Satuan Brimob turut dikerahkan mengamankan jalannya unjuk rasa dilakukan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.