_
Home / Sumut / KPK Apresiasi Progres Renaksi Pencegahan Korupsi Pemprovsu
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

KPK Apresiasi Progres Renaksi Pencegahan Korupsi Pemprovsu

MEDAN, Waspada.co.id – Progres Rencana Aksi (Renaksi) pencegahan korupsi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) mendapat apresiasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pasalnya, progres Renaksi pencegahan korupsi Pemprovsu mencapai 72 persen atau di atas rata-rata nasional yang berkisar 58 persen. Hal ini diungkapkan Korwil III KPK, Wuryono Prakoso, saat rapat evaluasi Renaksi di Kantor Gubernur Sumut, Medan, Selasa (9/4).

“Kalau dilihat dari monitoring centre for prevention-nya bagus dibandingkan dengan daerah lainnya karena banyak capaian yang cukup lumayan. Antusias masing-masing OPD pun sangat kuat karena memiliki keinginan lebih maju dari sekarang,” kata Wuryono.

Wuryono mengatakan pencapaian 72 persen itu bagus, bahkan Pemprovsu bisa lebih dari 72 kalau seandainya ada informasi yang tepat, sinkronisasi dengan peng-input data. Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu), Dra Hj Sabrina, turut mengapresiasi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) memenuhi target Renaksi Pencegahan Korupsi.

“Saya apresiasi kinerja OPD-OPD terkait yang sudah bekerja keras memenuhi renaksi pencegahan korupsi yang berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Pencapaian 72 persen itu sudah bagus, tetapi bila bisa lebih tanggap lagi, lebih bergerak cepat nilainya tentu bisa lebih besar lagi,” katanya usai rapat.

Delapan Renaksi Pencegahan Korupsi KPK adalah perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu, kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), manajemen ASN, dana desa, optimalisasi pendapatan daerah dan aset daerah.

“Semuanya harus berbasis teknologi, terintegrasi satu sama lain. Ini akan mempersempit celah korupsi nantinya. Dengan tidak adanya kontak antara pihak satu dan dua, misalnya wajib pajak dengan pemerintah, maka akan menutup peluang korupsi,” kata Sabrina.

Untuk tahun 2019, kata Sabrina, harus bisa menyelesaikan segala kendala di tahun lalu dan mendapat nilai tinggi. Dengan tegas, Sekdaprovsu menyebutkan keberhasilan dengan presentasi mencapai 98 persen. (wol/aa/data1)

适适

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Nawal Ajak Semua Pihak Tanggulangi TB di Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Perkembangan Tuberkulosis (TB) masih mengkhawatirkan karena menjadi penyebab kematian kesembilan di dunia, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.