Home / Sumut / Ketua BPD dan PKK Habiskan Rp4,7 Miliar
foto: Waspada

Ketua BPD dan PKK Habiskan Rp4,7 Miliar

SEIRAMPAH, WOL – Untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) ke Bandung, 237 Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan 236 Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kabupaten Sergai menghabiskan Dana Desa senilai Rp4,7 miliar.

Bimtek yang diikuti Ketua BPD dan Ketua PKK dari 237 desa/kelurahan se Kabupaten Sergai itu difasilitasi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sergai. Informasi diperoleh Kamis (4/8), Bimtek tersebut dilaksanakan pada akhir Mei dan awal Juni lalu.

Bimtek ini merupakan hasil kerja sama LPPM Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Bandung dengan Asosiasi BPD Sergai. Untuk mengikuti Bimtek tersebut, masing-masing Ketua BPD dan Ketua PKK mendapat anggaran Rp10 juta yang bersumber dari Dana Desa.

Besarnya anggaran yang digunakan untuk mengikuti Bimtek tersebut dinilai cukup besar, sehingga menimbulkan kecurigaan telah terjadi mark up. Kasus dugaan penyalahgunaan dana desa ini telah ditangani penyidik dari Kejari Sergai. Alhasil, ratusan Ketua BPD dan Ketua PKK telah menjalani pemeriksaan.

Sebagian besar Ketua PKK yang diperiksa didampingi Kepala Desa yang juga suaminya. Sementara itu, sejumlah Ketua BPD mondar-mandir membawa berkas pertanggungjawaban anggaran yang digunakan ke Bandung sembari menanti giliran pemeriksaan.

Sejumlah Ketua BPD dan Ketua PKK yang enggan menyebutkan namanya mengaku uang Rp10 juta dari masing-masing peserta disetorkan ke BPMPD. Setelah itu, mereka berangkat ke Bandung dengan pesawat. Bahkan, masing-masing Ketua BPD dan Ketua PKK menerima uang saku selama Bimtek tersebut.

Kasi Intel Kejari Sergai, Adi Candra SH, mengatakan pihaknya belum bisa menjelaskan secara rinci terkait pemeriksaan Ketua BPD dan Ketua PKK. Kepala BPMPD Sergai, Karno SH, sendiri membenarkan bahwa 237 Ketua BPD dan 236 Ketua PKK mengikuti Bimtek ke Bandung dengan biaya masing-masing Rp10 juta yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), bukan Dana Desa (DD).(wol/aa/waspada/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Layanan PLN 123 Pangkas Aktivitas Calo

MEDAN, Waspada.co.id – Layanan contact centre PLN 123 diklaim telah memangkas aktivitas para calo sejak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: