_
Home / Sumut / Kemenhub Bangun 8 Pelabuhan Senilai ‎Rp428 Miliar
foto: inews

Kemenhub Bangun 8 Pelabuhan Senilai ‎Rp428 Miliar

AJIBATA, Waspada.co.id – Guna memberikan pelayanan yang baik di Kawasan Danau Toba sesuai prosedur keselamatan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membangun delapan pelabuhan dengan menelan anggaran mencapai Rp428 miliar.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, mengungkapkan delapan pelabuhan dibangun secara bertahap itu adalah Ajibata, Ambarita, Simanindo, Tigaras, Muara, Balige, Tongging, dan Marbun Toruan. Namun, baru Pelabuhan Ajibata dan Ambarita siap dibangun.

“Kedua pelabuhan penyeberangan baik di Ajibata dan Ambarita secara operasional telah siap untuk digunakan,” ucap Budi saat peresmian operasional KMP Ihan Batan di Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sabtu (2/3).

Anggaran pembangunan pelabuhan penyeberangan Ajibata mencapai Rp76 miliar dengan fasilitas bongkar muat menggunakan jembatan bergerak serta dibangun trestle sepanjang 123 meter.

“Hanya saja untuk fasilitas pendukungnya sementara sambil disiapkan dan direncanakan selesai akhir tahun 2019 agar dapat digunakan secara optimal oleh masyarakat di sekitar Danau Toba,” tutur Budi.

Selain itu terdapat pembangunan dermaga rakyat dengan sistem ponton, pembangunan gedung terminal dan kantor pelabuhan, areal parkir serta fasilitas perpindahan moda dan pedestrian serta penataan dan pembangunan fasilitas penunjang lainnya di area darat.

“Akses bagi pengguna kendaraan umum juga disediakan fasilitas angkutan bus Damri yang disediakan dari Bandara Silangit ke Pelabuhan Ajibata dan sebaliknya,” kata Budi. (wol/aa/vvn/data2)

适适

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Edy Harapkan Groundbreaking Terlaksana Secepatnya

MEDAN, Waspada.co.id – Menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.