Breaking News
Home / Sumut / Kemendagri: Pembangunan Smart City Binjai Perlu Dicontoh
Gubsu HT Erry Nuradi bersama Staf Ahli Kemendagri dan Ketua Apeksi meresmikan grand launching smart city di kota Binjai. (Waspada)
Gubsu HT Erry Nuradi bersama Staf Ahli Kemendagri dan Ketua Apeksi meresmikan grand launching smart city di kota Binjai. (Waspada)

Kemendagri: Pembangunan Smart City Binjai Perlu Dicontoh

BINJAI, WOL – Staf Ahli Kemendagri, Suwarja Diwantoro, memuji sistem dan pola yang dilakukan Wali Kota Binjai HM Idaham melahirkan smart city. Hal tersebut dikatakan pada Grand Launching Binjai Smart City dan Binjai Command Center, di halaman parkir Pemko Binjai, Kamis (30/3) kemarin.

“Sistem yang dilakukan Wali Kota Binjai patut menjadi contoh kabupaten dan kota lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan, Idaham dinilai mampu berkolaborasi dengan perguruan tinggi dan institusi lainnya, sehingga kelahiran smart city yang dirancang lima bulan dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Staf Ahli Kemendagri mengaku sudah mencoba aplikasi e-musrenbang dan diharapkan Pemko Binjai memberdayakan potensi masyarakat untuk mempergunakan aplikasi dalam pelayanan publik. Sebab pelayanan publik yang cepat dan baik akan melahirkan pelayanan prima untuk rakyat.

Wali Kota Binjai, HM Idaham, menyebutkan telah melakukan MoU dengan Pemko Surabaya dan mempelajari sistem yang disarankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Saya melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, baik di Jakarta, Medan dan daerah lainnya, ternyata pembangunan smart city itu mahal,” jelasnya.

“Namun, berkat bantuan berbagai pihak, terutama Politeknik Medan dan lima mahasiswa yang mengerjakan aplikasi, ternyata pembangunan smart city di Binjai tidak mahal dan masih mampu ditanggung Pemko Binjai,” ujarnya.

Gubsu HT Erry Nuradi meminta kabupaten/kota yang sudah menandatangani MoU dengan KPK secepatnya mengadakan pelayanan berbasis aplikasi. “Ada 14 kabupaten/kota yang ikut menandatangani MoU, ternyata baru Kota Binjai yang siap,” tegasnya.

Gubsu meminta, 5 aplikasi lainnya, yakni; e-dokter, e-masyarakat, e-perizinan dan e-era, bisa ditingkatkan terutama aplikasi pelayanan lainnya yang menyentuh kepentingan masyarakat. (wol/wsp/ags/data3)

Editor: Austin Tumengkol

Check Also

WOL Photo

Tengku Erry Hadiri Musda Himpunan Masyarakat Nias Indonesia

MEDAN, WOL – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menghadiri pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.