Breaking News
Home / Sumut / Jumlah TKA di Sumut 1.005 Orang
istimewa
istimewa

Jumlah TKA di Sumut 1.005 Orang

MEDAN, WOL – Berdasarkan data Januari 2016, terdapat 1.005 tenaga kerja asing yang berada di Sumatera Utara. Data tersebut berdasarkan sejumlah laporan Kantor Imigrasi seperti Kantor Imigrasi Kelas I khusus Medan 440 orang, Kantor Imigrasi Kelas I Polonia (228), Kantor Imigrasi Kelas II Belawan (235), Kantor Imigrasi Kelas II Pematang Siantar (19), Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Asahan (19), Kantor Imigrasi Kelas II Sibolga (4).

“Data ini juga fluktuatif atau bisa bertambah karena kemungkinan pada Februari dan Maret 2016 ada penambahan,” kata Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut M Diah, Senin (21/3).

Terkait tenaga kerja asing, lanjut Diah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan harus ada penjamin yakni orang atau korporasi yang bertanggung jawab atas keberadaan dan kegiatan orang asing selama berada di wilayah Indonesia.

“Orang asing tertentu yang berada di Wilayah Indonesia wajib memiliki penjamin yang menjamin keberadaannya. Yang dimaksud orang asing tertentu adalah orang asing pemegang ITAS dan ITAP,” katanya.

Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provsu Bukit Tambunan, mengatakan izin tenaga kerja asing pada 2014 719 orang, dan tahun 2015 579 orang. Ia menegaskan, secara terpadu belum pernah melakukan pengawasan terhadap tenaga kerja asing, tetapi hanya secara tupoksi. Alasannya, tidak ada anggaran dan sangat terbatas.

Ketua Komisi E DPRD Sumut Syamsul Qadri Marpaung, mengharapkan agar masing-masing instansi menyiapkan data yang valid dan bermanfaat.

Dia mengakui, Komisi E DPRD Sumut selalu menerima pengaduan adanya sejumlah orang asing yang menyalahgunaan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) atau Izin Tinggal Tetap (ITAP) seperti yang bekerja menjadi pengajar di salah satu perguruan swasta dan pekerja restoran di kawasan Jalan Jawa.(wol/cza/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

WOL Photo/Lihavez

Densus Anti Teror Amankan Ngunduh Mantu Kahiyang-Bobby

MEDAN, WOL – Detasemen Anti Teror Khusus (Densus), turut serta disiagakan mengamankan acara ngunduh mantu ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.