Newsticker
WOL / Sumut / JR Saragih Pimpin Evakuasi Warga Sidamanik yang Keracunan Makanan
WOL Photo
WOL Photo

JR Saragih Pimpin Evakuasi Warga Sidamanik yang Keracunan Makanan

PEMATANG SIDAMANIK, WOL – Ratusan warga Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara diduga mengalami keracunan makanan. Kejadian ini terjadi sekira pukul 09.00 WIB.

Sekira 134 orang mengalami keracunan makanan, hingga kini penyebab keracunan makanan masih dilakukan pemeriksaan laboratorium dinas kesehatan Pemerintahan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Sekira pukul 17.00 WIB, Bupati Simalungun JR Saragih datang ke lokasi guna melihat para korban keracunan makanan. Dirinya datang menggunakan helikopter.

“Saya tadi masih di Jakarta tetapi saya mendengar berita ini langsung datang ke sini, seluruh korban penderita keracunan masih ditangani oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Sejauh ini ada 100 orang lebih menderita keracunan dan penyebab belum diketahui,” jelas Bupati Simalungun JR Saragih di Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (19/4).

Seluruh korban keracunan ditampung di Sekolah Dasar 096770 di Manik Huluan, Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Melihat tempat korban keracunan makanan tak memungkinkan, membuat JR Saragih geram. Terlebih, beberapa pasien sudah harus dibawa ke rumah sakit.

“Yang bahaya segera bawa ke rumah sakit dan yang bisa ditangani bawa ke puskesmas terdekat yakni Puskesmas Pematang Sidamanik,” lanjutnya.

Seperti diketahui, akibat jalur yang ada di Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara putus akibat tanah longsor, membuat para korban keracunan makanan harus dibawa ke Tobasari nantinya mobil ambulance sudah menanti korban keracunan makanan yang akan membawanya ke puskesmas Pematang Sidamanik dan Rumah Sakit Tentara di Siantar serta Rumah Sakit Rondahaim.

Tak itu saja, orang nomor satu di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara juga meminta kepada seluruh kepala dinas pemerintahan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara juga ikut membawa korban keracunan makanan.

“Karena jalur susah, maka lihat kapasitas mobil ambulance bila memungkinkan masukkan pasien paling banyak 4 orang karena ini harus bergerak cepat,” paparnya lagi.

Sementara itu, JR Saragih juga menegaskan bila seluruh biaya pengobatan masyarakat di Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara tak perlu memikirkan soal biaya karena ditanggung Pemerintahan Kabupaten Simalungun.

Selepas mengevakuasi korban keracunan makanan, JR Saragih tak berdiam diri. Pasalnya, pria kelahiran 10 November 1968 ini juga mengantarkan para korban keracunan makanan ke Puskesmas Pematang Sidamanik.

“Kita harus cek hasil laboratoriumnya apalagi ini kejadian baru saja tadi pagi jam 09.00 WIB, jangan langsung menuduh siapa yang salah karena harus diperiksa dahulu,” tutupnya. (wol/data1)

Editor: Agus Utama

Baca Juga

Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara, JR Saragih, memberikan bantuan kepada masjid di Desa Pananggahan, Kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Sabtu (17/6). (WOL Photo)

JR Saragih Bantu Pembangunan Masjid di Sorkam

TAPANULI TENGAH, WOL – Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara JR Saragih terus membangun kerukunan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.