Home / Sumut / Jasa Marga: Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi Beroperasi Penuh Awal 2019
Pembukaan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. (Foto: dok. Jasa Marga)

Jasa Marga: Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi Beroperasi Penuh Awal 2019

Waspada.co.id – PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mengadakan kunjungan kerja ke Cabang Belmera, Sumatera Utara, sejak 20-22 Juli 2018. Selain memantau perkembangan terkini Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, perseroan juga memantau progres pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi (MKTT).

Komisaris Utama Jasa Marga, Refly Harun mengatakan, sebelumnya pihaknya telah memantau seksi II-VI (Kualanamu-Sei Rampah) sepanjang 41,6 kilometer (km) yang telah beroperasi bersamaan dengan Tol Medan-Binjai seksi 2-3 sepanjang 10,5 pada 13 Oktober 2017 lalu.

“Kami pastikan seksi VII akan segera selesai. Sehingga secara keseluruhan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi akan beroperasi sepenuhnya pada awal tahun 2019,” kata dia melalui pesan tertulis, Sabtu (21/7).

Kehadiran Tol MKTT turut menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi nasional di Sumatera Utara antara lain Kawasan Industri Medan, Bandara Kualanamu, Pelabuhan Kuala Tanjung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke, serta akses menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

“Jalan tol ini terintegrasi dengan Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa yang sudah beroperasi sejak tahun 1986 yang dioperasikan oleh Cabang Belmera. Jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa ini memiliki panjang sekitar 34 km. Jalan tol ini menghubungkan Pelabuhan Belawan ke Medan dan Tanjung Morawa sehingga dikenal dengan nama singkatan Belmera,” tambahnya.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan komisaris dan direksi mendapatkan paparan dari General Manager Belmera Iwan Rosa tentang pencapaian kinerja dan inovasi yang dilakukan Cabang Belmera untuk peningkatan pelayanan di jalan tol.

Adapun paparan dari Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol, Agus Suharjanto terkait kesiapan dan upaya yang telah dilakukan untuk melaksanakan pentarifan pada seksi I (Tanjung Morawa-Parbarakan) sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 393/KPTS/ M/2018 dan progres seksi 7 (Sei Rampah-Tebingtinggi) yang diperkirakan akan selesai pada awal tahun 2019. (wol/kumparan/data2)

Check Also

Kampanye Negatif Hambat Kemandirian Energi Nasional

MEDAN, Waspada.co.id – Berbagai proyek pembangunan pembangkit berbasis energi terbarukan untuk kemandirian energi nasional terancam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: