_
Home / Sumut / Jalan Tol Medan-Binjai Target Rampung Desember
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu

Jalan Tol Medan-Binjai Target Rampung Desember

MEDAN, Waspada.co.id – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution, meninjau proyek pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai Seksi I (Helvetia-Tanjung Mulia), Kamis (14/2). Jalan Tol Seksi I sepanjang 6,071 Km itu diharapkan segera rampung.

Dalam kunjungannya, Menko Perekonomian didampingi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi. Darmin menyampaikan kunjungannya untuk melihat langsung sejauhmana progres pembangunannya. Sesuai informasi yang didapat, pembangunan jalan Tol Medan-Binjai terkendala pembebasan lahan yang belum clear.

“Pembebasan Tol Medan-Binjai selama ini mengalami kendala gugatan perdata menggunakan grandsultan palsu. Saya mau dengar dari Kajatisu sudah sejauhmana proses hukumnya, karena ini persoalan gugat menggugat,” ujar Darmin.

Gubsu mengharapkan agar Tol Medan-Binjai pada Seksi I Tanjung Mulia-Helvetia segera diselesaikan. Karena itu, berbagai kendala yang menghambat diharapkannya dapat segera tuntas.

“Untuk itu, Pak Menteri undang Gubernur, Kapoldasu, Pangdam dan Kajatisu untuk rapat di Jakarta dan juga Kementerian terkait, seperti ATR (Agraria dan Tata Ruang), BUMN (Badan Usaha Milik Negara), PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Jangan sampai kalah negara dengan penggugat,” ujar Gubsu.

Dikatakan, pengoperasian Jalan Tol Medan-Binjai ini sangat dibutuhkan masyarakat. Selain mengurangi kemacatan, juga untuk meningkatkan mobilitas dan aksesbilitas pengendara dan barang, sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Waktu kita menuju kemari tadi Pak Menteri, jalanan macat banyak truk yang antri. Kalau jalan tol ini selesai sudah tentu tidak semacat tadi,” kata Gubsu Edy.

Diketahui, Jalan Tol Medan-Binjai terdiri atas Seksi I (Tanjung Mulia-Helvetia) sepanjang 6,071 Km, Seksi II (Helvetia-Sei Semayang) sepanjang 9,051 Km serta Seksi III (Sei Semayang-Binjai) sepanjang 10,319 Km.

Untuk Seksi II dan III sudah selesai 100% dan mulai beroperasi akhir 2018, sedangkan Seksi I sekitar 700 meter lagi akibat terkendala pembebasan lahannya. Ditargetkan, seluruhnya rampung pada Desember mendatang. (wol/aa/data1)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ijeck Ajak Siswa Tidak Takut Bermimpi

MEDAN, Waspada.co.id – Ada yang istimewa pada hari pertama sekolah di Yayasan Pendidikan Harapan, Senin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: