Breaking News
Home / Sumut / “Jadi Pemimpin Harus Peduli Pendidikan”
WOL Photo
WOL Photo

“Jadi Pemimpin Harus Peduli Pendidikan”

SIDIKALANG, WOL – Negara Indonesia seharusnya dapat mengejar negara maju yang tidak memiliki sumber daya alam yang banyak, syaratnya harus mampu meningkatkan sumber daya manusianya (SDM) dengan baik.

‘’Peningkatan SDM ini dapat dilakukan dengan memprioritaskan pendidikan. Oleh karena itu, seorang pemimpin yang baik harus peduli terhadap pendidikan,’’ ucap Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi saat berkunjung di SMA Negeri 1 Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sabtu (12/8).

Kunjungan ini disambut antusias oleh ribuan siswa SMA Negeri 1 Sidikalang. Meskipun kehadiran Gubsu ditandai dengan hujan rintik-rintik namun tak menyurutkan siswa untuk tetap menyambut kehadiran orang nomor satu di Sumut tersebut. Mulai dari lapangan sekolah hingga ke aula, Tengku Erry disambut dengan gemuruh sorak sorai Sumut Paten oleh siswa. “SMA Negeri 1 Oke, Dairi Luar Biasa, Sumut Paten….,” teriak siswa antusias.

Kunjungan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Dairi, Irwansyah Pasi, Wakapolres Dairi, Kadis Pendidikan Provsu Arsyad Lubis, Staf Ahli GubsuBinsar Situmorang, Kadis Kehutanan Provsu Halen Purba, Kadishub ProvsuAnthony Siahaan,  Kabiro Humas dan Keprotokolan Provsu Ilyas Sitorus, Kepsek SMA Negeri 1 Sidikalang, Anna Lowisa Sianturi, serta dihadiri sejumlah guru dan pengawas SMA Negeri 1 Sidikalang.

Lebih Lanjut dikatakan Erry, suatu daerah itu akan maju jika SDM nya baik. Hal ini bisa dilihat dari negara-negara yang sumber daya alamnya sedikit tapi bisa maju karena SDM nya. “Saya baru-baru ini melakukan kunjungan kerja ke Rusia, di sana bisa kita lihat musim tanam dalam setahun itu hanya satu kali, sementara kita dalam setahun bisa panen hingga tiga kali. Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Oleh karena itulah, berdasarkan pada penelitian besarnya sumber daya alam tidak akan dapat memberikan kontribusi tanpa adanya SDM yang baik,” papar Erry di hadapan ribuan siswa dan para guru.

Dicontohkan Erry, negara yang minim sumber daya alamnya tapi dapat berkembang maju seperti Jepang dan China. Kedua negara ini merupakan negara sub tropis yang memiliki keterbatasan sumber daya alam tapi kemajuannya dapat melampaui lndonesia. Oleh karenanya, Indonesia dapat memaksimalkan kemajuan dengan meningkatkan SDM melalui pendidikan. “Kalau mau menjadi pemimpin harus peduli terhadap pendidikan,” ujar Erry.

Setidaknya, kata Erry, seorang pemimpin harus dapat memikirkan bagaimana untuk memperbanyak sekolah di daerahnya, minimal satu sekolah SMA/SMK di satu kecamatan. Pengalamannya ketika menjadi bupati di kabupaten Serdang Bedagai pada tahun 2005 hanya ada 7 SMA/SMK, namun dalam kepemimpinannya hingga tahun 2015 jumlah SMA/SMK bertambah menjadi 28. “Itu saya lakukan karena saya tahu dengan memperbanyak sekolah maka akan memperbanyak kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan pendidikan,” ujar Erry.

Pasalnya, kata Erry hingga saat ini masih sangat kurang jumlah SMA/SMK di Sumut. Untuk saat ini baru ada sebanyak 700 SMA/SMK Negeri dan sebanyak 2.000 SMA/SMK swasta yang ada. Oleh karena itu,  diharapkannya kepada Bupati/Walikota kalau ada lahan yang bisa digunakan untuk membangun sekolah di kecamatannya, maka Pemprov Sumut akan berupaya untuk memberikan bantuan anggaran pembangunan.

“Dengan bertambahnya sekolah kita harapkan SDM kita bertambah baik, apalagi saat ini kewenangan pendidikan sekolah menengah atas itu sudah di bawah kewenangan provinsi berbagai pembenahan sudah kita lakukan seperti membuat penerimaan siswa didik baru online dan pembenahan lainnya agar pendidikan di Sumut bisa lebih baik, sebab pendidikan kita masih di bawah standar yang ada,” terang Erry.

Erry juga memberi pesan kepada siswa agar dapat menggantungkan cita-cita setinggi langit, belajar dengan sungguh-sungguh, tegakkan disiplin, kepercayaan diri dan dapat dipercaya serta mengormati orangtua dan guru. “39 tahun yang lalu saya juga sama seperti kalian ini, duduk dan mendapatkan arahan dari pejabat yang ada. Waktu 39 tahun itu bukanlah waktu yang singkat, maka manfaatkanlah waktu sebaik mungkin. Saya yakin dari sini bisa lahir Bupati, Walikota, Gubernur, bahkan Menteri dan Presiden,” kata Erry.

Wakil Bupati Dairi, Irwansyah Pasi sangat berterima kasih atas kunjungan Tengku Erry, dikatakannya kunjungan yang dilakukan Gubsu tersebut merupakan bentuk kecintaan kepada para pelajar di Sumut. “Ini bentuk kecintaan Gubsu kepada siswa sehingga di tengah kesibukan beliau masih berkenan hadir untuk dapat memberikan motivasi kepada generasi penerus kita,” ujar Irwansyah. (wol/data1)

Check Also

WOL Photo

Sumut Siapkan 160 Hektar Lahan Dukung 1.000 Desa Organik

MEDAN, WOL – Salah satu masalah utama yang dihadapi dalam pertanian dengan sistem konvensional adalah ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.