_
Home / Sumut / Inilah penyebab penurunan penumpang di Bandara Kuala Namu
WOL Photo

Inilah penyebab penurunan penumpang di Bandara Kuala Namu

MEDAN, WOL – Penurunan jumlah penumpang melalui Bandara Internasional Kuala Namu (KNIA) pada bulan Februari dinilai sebagai hal yang lumrah. Pengamat ekonomi Sumatera Utara Cahyo Pramono mengungkapkan, penurunan jumlah penumpang mancanegara disebabkan karena pasar Eropa belum mengalami musim libur.

“Pasar Eropa itu diperkirakan mulai naik nanti April sampai Oktober. Karena kalau Februari memang bukan musimnya libur,” terangnya kepada Waspada Online, hari ini.

Sedangkan untuk penumpang domestik, dipengaruhi oleh momentum Imlek dimana sistem perdagangan sedang turun karena suku Tionghoa sedang menikmati liburan di tempat masing-masing. Namun Cahyo memprediksi, jumlah penumpang pada bulan Maret akan kembali meningkat karena adanya perayaan Cheng Beng. Menurutnya, perayaan Cheng Beng biasanya mengundang orang untuk datang.

Sebaliknya, pada bulan Januari, traffic angkutan udara memang terbilang tinggi karena bertepatan tanggal 1 Januari jatuh pada hari Kamis sehingga waktu libur lebih panjang.

“Kalau diperkirakan ada 1 minggu waktu libur panjang. Tapi kalau Februari memang situasinya tidak cukup ideal bila dibandingkan dengan bulan Januari karena jumlah harinya hanya berjumlah 28 hari,” tutur Cahyo.

Penurunan jumlah penumpang ini juga disebabkan belum banyak anggaran pemerintah yang melaksanakan kegiatan di luar kota. Ditambahkannya, penurunan ini juga akan terjadi pada masa awal puasa hingga jelang perayaan Hari Raya Lebaran.

BPS Sumatera hari ini, dalam rilisnya menyebutkan, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung di Sumatera Utara melalui tiga pintu masuk pada bulan Februari 2015 mencapai 21.820 orang, mengalami kenaikan sebesar 11,16 persen dibanding yang datang pada bulan Januari 2015 yang mencapai 19.630 orang.

Namun jumlah penumpang domestik yang berangkat dari Sumatera Utara melalui Bandara Internasional Kuala Namu selama bulan Februari 2015 mencapai 223.043 orang, atau turun sebesar 24,68 persen jika dibandingkan dengan bulan Januari r2015 yang mencapai 296.111 orang. (data2/wol)

适适

Penulis: CAESSARIA INDRA DIPUTRI
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Petugas KNIA Amankan 2 WN Malaysia Selundupkan Sabu di Anus

MEDAN, Waspada.co.id – Petugas Bea dan Cukai Kualanamu International Airport (KNIA) Deliserdang, berhasil mengamankan dua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.