_
Home / Sumut / Ini Pengalaman Pertama Gubsu Jadi Irup HUT RI
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Ini Pengalaman Pertama Gubsu Jadi Irup HUT RI

MEDAN, Waspada.co.id – Menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Kemerdekaan RI di Lapangan Merdeka Medan, ternyata punya kebanggaan tersendiri bagi Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi. Menurutnya, lapangan kebanggaan rakyat itu harus benar-benar ‘merdeka’.

“Ini merupakan kebanggaan pribadi bagi saya. Karena sebelumnya, saya jadi komandan upacara, Irupnya saat itu Pak Tengku Rizal Nurdin. Ini terkesan sekali sama saya, yang merasakan sekali bahwa saat itu saya seperti sekarang ini,” ujar Edy usai menjadi Irup Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8) kemarin.

Edy juga mempertegas rencana pengembalian fungsi Lapangan Merdeka sebagai tempat hiburan bagi rakyat. Hal ini agar peruntukannya juga perlu dikembalikan kepada sejatinya sebuah lapangan yang ‘merdeka’.

“Tempat ini memang harus kita desain kembali menjadi tamannya rakyat. Tempat ribuan orang mendapatkan hiburan di sini. Saya minta dukungan masyarakat, ini adalah tempat rakyat. Lapangan Merdeka harus ‘merdeka’,” sebutnya.

Terkait soal tema Kemerdekaan RI tahun ini, yakni Menuju Indonesia Unggul, Gubsu meyakini Sumut adalah provinsi yang pantas diunggulkan. Sehingga bukan soal pribahasa ‘hari ini lebih baik dari hari kemarin’, namun Sumatera Utara harus lebih baik dari yang lain.

“Majulah dan tidak pernah berhenti. Jangan pernah menyerah untuk membuat Sumatera Utara kita menjadi yang bermartabat. Merdeka!” seru Gubsu.

Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu), Musa Rajekshah, yang juga terlihat mengikuti rangkaian upacara, memberikan pesan kepada seluruh masyarakat, khususnya generasi muda. Sebagai gengerasi penerus, Musa berperan harus bisa memaknai kehidupan berbangsa dan bernegara yang kemerdekaannya telah diperjuangkan para pendahulu.

“Sekarang kita sudah tinggal meneruskannya. Karenanya generasi muda dan yang akan datang, akan tetap menghargai perjuangan para pendahulu dan tetap berjuang menjaga kekompakan dan kebersamaan,” ujar Wagubsu atau biasa disapa Ijeck.

Ijeck juga berpesan kepada mahasiswa di Sumut untuk menujukkan sikap toleran serta menjadi generasi terdepan yang tidak lagi mempersoalkan perbedaan suku dan agama. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Edy: Pemuda Harus Bermental Konstruktif dan Cerdas

MEDAN, Waspada.co.id – Pemuda memilki peran penting dalam membangun bangsa. Bahkan, masa depan bangsa ada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.