Home / Sumut / Ini Manfaatnya Gunakan Kartu GPN
WOL Photo

Ini Manfaatnya Gunakan Kartu GPN

PARAPAT, Waspada.co.id – Bank Indonesia melalui Asisten Manager Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia Sumatera Utara (Sumut), Yudha Wastu Prawira.

Ada 3 manfaat yang dijual GPN. Pertama adalah efisiensi. Bank Indonesia tidak mau nantinya ada inefisiensi sistem pembayaran masyarakat bertransaksi, karena kartu yang dimiliki tidak sama dengan mesin Electronic Data Capture (EDC) yang ada di merchant.

“Oleh karena itu, Bank Indonesia mendorong masyarakat menggunakan kartu ATM/Debet berlogo Gerbang Pembayaran Nasional dengan melakukan penukaran di bank terdekat yang ada di sekitar masyarakat,” tuturnya di saat Pelatihan Wartawan Ekonomi Bisnis Provinsi Sumatera Utara, Kamis (15/11).

Dan untuk memfasilitasi penukaran kartu berlogo GPN, Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan menyelenggarakan Pekan Penukaran Kartu Berlogo GPN di 17 wilayah yang tersebar di Indonesia.

“Dan maanfaat GPN di poin pertama, masyarakat mengatakan bank-nya punya merchant A, kartunya bank B. Enggak bisa ini transaksi, itu ada biaya. Itu yang terjadi kondisi saat ini di masyarakat. Itu menyebabkan inefisiensi ekonomi, otomatis menghambat gerakan nasional non tunai. Itu yang ingin kita optimalkan dengan menghubungkan seluruh infrastruktur yang ada. Itu poin pertama efisiensi,” jelasnya.

Kedua, penghematan devisa, ini sangat efisiensi dari segi ekonomi, di mana penghematan devisa sebesar Rp 13 triliun hingga Rp 15 triliun per tahun yang dapat dihemat atas transaksi yang keluar negeri secara nasional.

Dan yang ketiga terkait dengan resiko Central Bank Money. Meski hal ini belum pernah terjadi, namun yang namanya liquidity risk akibat gagal bayar skala besar, yang menyebabkan gangguan ekonomi belum ada.

“Dengan adanya GPN, maka masyarakat dapat merasakan manfaat langsung efisiensi sistem pembayaran dan juga penurunancost bagi merchant,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Check Also

FKPPI Sumut Diharapkan Pelihara Semangat Juang dan Jiwa Patriot

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berharap agar para anggota yang tergabung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: